Selasa, 11 Desember 2018, 7:36
Home / NEWS / TINGKATKAN PAD, DINAS PARIWISATA TRENGGALEK NAIKAN HARGA TIKET KAWASAN WISATA
Salah satu keindahan alam Pantai Pasir Putih yang banyak diburu wisatawan lokal maupun luar kota.

TINGKATKAN PAD, DINAS PARIWISATA TRENGGALEK NAIKAN HARGA TIKET KAWASAN WISATA

WAGATABERITA.COM – TRENGGALEK. Guna meningkatkan Pendapat Asli Daerah di Kota Keripik Tempe ini, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Trenggalek berencana akan menaikkan harga tiket masuk tempat wisata. Dapat dipastikan, harga tiket tempat wisata di Trenggalek akan lebih mahal dibandingkan harga yang dibanderol saat ini.

Menanggapi hal tersebut pihak Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Trenggalek akan mulai menaikkan harga tiket masuk ke tempat – tempat wisata di awal tahun 2019 mendatang. “Kami memang sudah berencana akan menaikkan harga tiket masuk tempat wisata yang dikelola oleh Pemerintah Daerah. Akan tetapi, rencana ini masih akan dikaji dan dilakukan pembahasan lebih lanjut, agar nantinya masyarakat maupun pengunjung tidak merasa terbebani dengan harga tiket yang sedikit lebih mahal dari harga sebelumnya,” ungkap Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Trenggalek, Joko Irianto saat dikonfirmasi, Rabu (14/11/2018).

Sektor pariwisata yang ada di Kabupaten Trenggalek memang sangat tinggi. Banyaknya tempat – tempat wisata seperti pantai, goa dan juga air terjun membuat Kabupaten Trenggalek dikenal masyarakat baik luar daerah bahkan luar negeri akan keindahan alamnya. Tak heran jika, banyak pengunjung liar kota yang melirik keindahan alam di Kabupaten Trenggalek.

Seiring dengan hal tersebut, PAD yang didapatkan dari sektor pariwisata ini justru tak seimbang. Nilai PAD yang didapatkan selama kurun waktu beberapa tahun terakhir belum bisa dikatakan maksimal. Oleh karena itu, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan berencana meningkatkan tarif tiket masuk tempat wisata ini guna mendongkrak PAD dari sektor Pariwisata.

“Beberapa tempat wisata yang rencananya akan dinaikkan tiket masuknya yakni Pantai Pasir Putih, Goa Lowo dan Pantai Pelang. Tiket masuk Pantai Pasir Putih yang sebelumnya Rp 10 ribu rupiah, akan dinaikkan menjadi Rp 15 ribu rupiah per orang. Sedangkan untuk tiket masuk Goa Lowo dan Pantai Pelang dari yang sebelumnya Rp 7.500, – menjadi Rp 10 ribu rupiah per orang,” imbuhnya.

Dikonfirmasi terpisah, salah satu wisatawan lokal Nico Setiawan mengaku keberatan dengan rencana kenaikan tiket masuk tempat wisata di beberapa lokasi tersebut.

Ia mengatakan jika kenaikan harga tiket masuk tempat wisata ini diberlakukan untuk hari libur, mungkin masih bisa dimaklumi. “Kalau setiap hari di naikkan dengan harga yang disahkan ditentukan, jelas bagi warga Kabupaten Trenggalek sendiri merasa keberatan. Misal saja, harga tiketnya sudah mencapai Rp 15 ribu per orang, jika 2 orang harus membayar Rp 30 ribu rupiah untuk 1 lokasi wisata. Belum lagi, jika ada lokasi wisata lain yang ingin dikunjungi. Tentu sangat mahal dan memberatkan bagi warga lokal yang ingin menikmati tempat wisata yang ada di daerahnya sendiri,” tuturnya.

Nico sapaan akrabnya ini mengaku, jika memang Dinas terkait ingin meningkatkan PAD di sektor Pariwisata. Salah satu kebijakan yang paling tepat, adalah menaikkan harga tiket masuk lokasi wisata di hari libur seperti Sabtu – Minggu maupun musim liburan saja.

Perlu diketahui, target perolehan pendapatan sesuai dengan Kebijakan Umum Anggaran (KUA) dan Prioritas Plafon Anggaran (PPA) tahun 2019 mendatang, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Trenggalek menargetkan pencapaian pendapatan sekitar Rp 12,5 miliar rupiah per tahun. Akan tetapi di tahun 2018 ini, hanya mampu mendapatkan sekitar Rp 8,7 miliar rupiah saja.

Meski target yang diharapkan di tahun 2019 dinilai terlalu tinggi, namun pihak Dinas Pariwisata akan berupaya semaksimal mungkin untuk memenuhi target tersebut. (mil)

Check Also

TEPIS ISU NAIKNYA HARGA BARANG, CALEG PDI P BLUSUKAN PASAR PROBOLINGGO

WAGATABERITA.COM – PROBOLINGGO. Cara berbeda dilakukan calon legislatif DPR RI, Dapil

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *