Selasa, 4 Oktober 2022, 0:31
Home / SURABAYA / YANG KBS PERBUAT DI PERINGATAN HUT KE 106
Pagelaran Wayang Kebun Binatang Siurabaya.

YANG KBS PERBUAT DI PERINGATAN HUT KE 106

WAGATABERITA.COM – SURABAYA. Kebun Binatang Surabaya (KBS) saat ini telah memasuki usianya yang ke 106. Sedikit mengulas sejarah berdirinya KBS yang berdiri sejak tahun 1916 – 1917 oleh H.F.K. Kommer seorang jurnalis yang kebetulan memiliki hobi mengumpulkan hewan.

Tepat nya di tanggal 31 Agustus 1916, Kommer mendirikan KBS tersebut dengan nama vereeninging ‘Soerabaiasche Planten – en Dierentuin’ yang berlokasi di Kaliondo yang selanjutnya berpindah lokasi ke jalan Groedo.pada tanggal 28 September 1917.

KBS sendiri pada tahun 1918 mulai dibuka untuk umum dengan mengenakan tarif masuk pada para pengunjungnya yang akhirnya kembali dipindah ke lokasi seluas 32.000 m2 pada tahun 1920 di Jalan Darmo atas jasa Oost – Java Stoomtram (OJS) atau maskapai kereta api.

Dikelola secara mandiri, perjalanan KBS mengalami pasang surut baik kondisi maupun permasalahan yang timbul. Mempertimbangkan perjalanan KBS hingga pada tahun 2012 pengelolaan KBS diambil alih Pemkot Surabaya dengan dasar Peraturan Daerah Kota Surabaya No.19 Tahun 2012 tentang PD Taman Satwa Kebun Binatang Surabaya, terhitung sejak Juli 2012.

Sejak saat itu pengelolahan KBS sendiri semakin profesional hingga saat ini. Dan pada tahun 2022 ini KBS memperingati hari jadinya ke 106 dengan berbagai kegiatan diantaranya mempersembahkan Pagelaran Wayang Kulit semalam suntuk sebagai puncak acara Jumat (26 – 08 – 2022) yang dimulai pukul 19 : 30 hingga selesai.

Pagelaran yang dilaksanakan di area parkir KBS dengan dalang Ki Cahyo Kuntadi dengan menampipkan 8 Sinden diantaranya Nyi Sukesi. Selain pagelaran wayang kulit KBS juga menghadirkan acara ludruk dengan menampilkan Cak Tawar dan Agus Kuprit.

Para penonton pagelaran Wayang Kebun Binatang Surabaya.

Pada tampilannya Dalang Ki Cahyo menyampaikan, “ini adalah pagelaran Wayang yang dilakukan dimana sudah hampir 19 tahun KBS belum pernah menampilkan pagelaran wayang. Semoga pagelaran ini bisa diadakan setiap tahun.” Sampainya pada kegiatannya.

Pada kesempatannya Ki Cahyo juga mengucapkan selamat menempuh hari jadi ke 106. “Semoga KBS akan semakin sukses dan jaya serta semakin tangguh dan berbudaya dari tahun ketahun.” Doanya.

Diketahui pada pagelaran wayang dihadiri seluruh Pimpinan dan karyawan KBS dihadiri perwakilan Walikota juga anggota DPRD Kota Surabaya termasuk masyarakat yang antusias mengikuti acara. (Red)

Check Also

KONDISI SURABAYA SAAT DITERJANG HUJAN ANGIN

WAGATABERITA.COM – SURABAYA. Hujan deras dan angin kencang terjadi di sebagian