Sabtu, 25 Mei 2019, 14:47
Home / PERTANIAN / PETANI MELON BISA AJUKAN PENDAMPINGAN DAN ALAT BANTU PENGELOLAAN
Gubernur Jatim, Bupati Tuban, Kepala Dinas Pertanian Jatim dan Kepala Bakorwil Bojonegoro menunjukkan melon klotok yang baru dipanen.

PETANI MELON BISA AJUKAN PENDAMPINGAN DAN ALAT BANTU PENGELOLAAN

WAGATABERITA.COM – TUBAN. Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa bersama para petani melon melakukan kegiatan panen buah melon di Desa Klotok, Plumpang, Kabupaten Tuban, Sabtu (11/05/2019) dalam rangka Festival Melon 2019 yang juga dihadiri Bupati Tuban Fathul Huda, Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Jatim Hadi Sulistyo serta perwakilan Asosiasi Petani Melon di Kabupaten Tuban.

Pada kesempatannya Bupati Tuban Fathul Huda menyampaikan, pihaknya akan serius memberikan pendampingan kepada para petani hortikultura termasuk di dalamnya melon. Bahkan, dirinya pernah memberikan motivasi agar petani tertarik menanam melon dengan mengganti kerugian saat bertani melon.

“Kalau butuh pendampingan saya sangat senang, karena ini adalah kegemaran saya. Dan memang jika petani ingin meningkat penghasilnnya harus mau menanam hortikultura,” tuturnya.

Kehadiran Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa menadapat antusiasme tinggi dari warga desa klotok kabupaten Tuban.

Sedangkan Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Jatim, Hadi Sulistyo mengatakan, para petani melon diharapkan tidak cukup puas dengan hasil yang mereka peroleh. Petani harus mulai memikirkan adanya nilai tambah pasca panen, sehingga hasil yang tidak terjual tidak banyak terbuang.

Dalam bertani melon, lanjutnya terdapat beberapa tahapan yang harus dilakukan sehingga tidak hanya ala kadarnya. Misalnya dengan penerapan manajemen tanaman sehat, penerapan good agricultute, serta good handling practices, “Untuk alat bantu pengolahan pasca panen, asosiasi kelompok petani atau gapoktan bisa membuat pengajuan proposal ke provinsi,” pungkasnya. (Red)

Check Also

KHOFIFAH AJAK PETANI IKUT PANEN MELON PRIMA AGAR LEBIH SEJAHTERAH

WAGATABERITA.COM – TUBAN. Festival Melon 2019 dilakukan petani bersama Gubernur Jawa