Rabu, 21 Agustus 2019, 7:51
Home / PERTANIAN / KHOFIFAH AJAK PETANI IKUT PANEN MELON PRIMA AGAR LEBIH SEJAHTERAH
Gubernur Khofifah bersama Bupati Tuban memetik melon di Desa Klotok kabupaten Tuban.

KHOFIFAH AJAK PETANI IKUT PANEN MELON PRIMA AGAR LEBIH SEJAHTERAH

WAGATABERITA.COM – TUBAN. Festival Melon 2019 dilakukan petani bersama Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa untuk melakukan panen buah melon di Desa Klotok, Plumpang, Kabupaten Tuban, Sabtu (11/05/2019). Turut hadir pada acara Bupati Tuban Fathul Huda, Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Jatim Hadi Sulistyo serta perwakilan Asosiasi Petani Melon di Kabupaten Tuban.

Khofifah berharap, kegiatan bercocok tanam atau bertani hortikultura dengan menanam melon bisa membantu menurunkan angka kemiskinan di desa karena petani bisa mendapatkan keuntungan 6 – 7 kali lipat dari modalnya jika menanam melon. “Petani berkesempatan menanam melon, dengan gambaran profit yang akan diperoleh maka tentu akan memberikan signifikansi percepatan penyejahteraan para petani,” ujar Khofifah.

Bertani hortikultura melibatkan banyak tenaga sehingga dibutuhkan pendampingan, permodalan serta akses pasar, “Dengan segala upaya tersebut maka kualitas hasil panennya akan meningkat. Dan ini bisa menjadi pintu masuk bagi percepatan penyejahteraan,” ungkap orang nomor satu di Jatim ini sembari mengimbuhkan utamanya untuk menurunkan tingkat kemiskinan masyarakat pedesaan di Jatim yang saat ini masih 15,2 %.

Gubernur Khofifah berdialog dengan para petani melon di desa klotok kabupaten Tuban.

Khofifah mengajak perwakilan Petani Melon Tuban untuk mengikuti panen melon prima pekan depan di bawah Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Jatim dengan kualitas ekspor, “Melon prima ini berbentuk kotak, dan sangat mulus serta rasanya manis kriuk – kriuk. Petani melon di Tuban harus ikut melihat dan mendapatkan pendampingan dari Dinas Pertanian terkait ini,” tutur Gubernur perempuan pertama di Jatim ini. (Red)

Check Also

PETANI MELON BISA AJUKAN PENDAMPINGAN DAN ALAT BANTU PENGELOLAAN

WAGATABERITA.COM – TUBAN. Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa bersama