Rabu, 21 Agustus 2019, 9:15
Home / INTERNASIONAL / BERBAGAI NEGARA KECAM UJI NUKRIL KOREA UTARA DAN MINTA DIHENTIKAN
Penembakan Rudal Korea Utara. (Google)

BERBAGAI NEGARA KECAM UJI NUKRIL KOREA UTARA DAN MINTA DIHENTIKAN

WAGATABERITA.COM – UNITED NATIONS. Korea Utara diketahui telah melakukan uji coba senjata nullir nya sebanyak dua kali, hal itu membuat beberapa negara mengecam uji coba tersebut, hal itu terbukti sebanyak 70 negara menandatangani pernyataan meminta Korea Utara menghentikan uji coba rudal balistiknya pada hari Jumat kemaren.

Amerika Serikat dan Korea Selatan, serta negara-negara di Asia, Amerika Latin, Afrika dan Eropa termasuk yang menandatangani pernyataan tersebut kecuali Rusia dan Cina yang termasuk pendukung Pyongyang tidak menandatangani dokumen yang dirancang oleh Prancis tersebut.

Menurut sumber diplomatik, sekitar 15 negara menandatangani permintaan pelucutan senjata Korea Utara setelah penembakan rudal baru.

Negara yang menandatangani dijelaskan, “sangat menyesalkan ancaman serius dan tidak berkurang terhadap perdamaian dan keamanan regional dan internasional yang ditimbulkan oleh program senjata nuklir dan rudal balistik yang sedang berlangsung yang dikembangkan oleh Republik Rakyat Demokratik Korea (DPRK),” kata sumber tersebut seperti dikutip cna Sabtu (11/05/2019).

Diketahui Pyongyang menembakkan dua rudal jarak pendek Kamis setelah latihan sebelumnya pada hari Sabtu yang sejak november 2017 Korea Utara tak pernah meluncurkan nuklirnya.

Kim bahkan pernah mengumumkan berakhirnya uji coba senjata nuklir dan rudal jarak jauh selama pemulihan hubungan cepat tahun lalu tetapi akhirnya Kim kembali melakukan uji coba nuklirnya setelah negosiasi diplomatiknya dianggap gagal. (Red/*)

Check Also

ABANG BECAK, ANAK DIFABEL DAN YATIM PIATU JADI TAMU KHUSUS PEMPROV JATIM PERINGATAN HUT RI

WAGATABERITA.COM – SURABAYA. Pemerintah provinsi Jawa Timur ingin