Minggu, 22 September 2019, 7:17
Home / EDUKASI / INI TEMUAN 3 MAHASISWA UNAIR SALEB PENYEMBUH LUKA DIABETES
3 mahasiswi penemu Saleb Bagi Luka Diabetes.

INI TEMUAN 3 MAHASISWA UNAIR SALEB PENYEMBUH LUKA DIABETES

WAGATABERITA.COM – SURABAYA. Penyakit diabetes mellitus biasa disebut kencing manis merupakan salah satu penyakit yang perlu diperhitungkan, walau tak menular ancaman penyakit ini serius bagi kesehatan global termasuk di Indonesia.

Menurut data penderita diabetes di Indonesia mencapai 11 juta orang pada tahun 2017 dan diperkirakan akan mengalami peningkatan menjadi 17 juta orang pada 2045.

Penderita diabetes dapat menderita berbagai penyakit komplikasi diantaranya luka pada kaki yang sukar sembuh atau disebut juga Ulkus diabetikum yang sering menyebabkan tindakan amputasi pada penderita diabetes.

Tiga mahasiswa dari Fakultas Farmasi Universitas Airlangga (UNAIR), Fakhriyah Dinina (2017), Filzah Firzanah Ramadhanti (2017), dan Salsa Lina Agustin (2017) yang menyadari hal itu akhirnya melakukan inovasi dengan memanfaatkan daun ketapang sebagai salep untuk solusi ulkus diabetikum.

Penelitian yang diberi judul “Identifikasi Aktivitas Salep Ekstrak Etanol Daun Ketapang sebagai Solusi Ulkus Diabetikum” ini berhasil lolos PKM yang didanai Kemristek Dikti (Kementrian Riset dan Teknologi Pendidikan Tinggi) bidang penelitian eksakta.

Fakhriyah ketua tim mengatakan pemilihan ketapang dalam penelitian karena adanya kandungan flavonoid, tanin, dan saponin yang memiliki potensi untuk menyembuhkan luka, “Selain itu, ketapang yang banyak dijumpai sebagai tanaman peneduh kurang dimanfaatkan oleh masyarakat,” jelasnya.

Lanjut Fakhriyah, daun ketapang diolah menjadi salep. hasilnya diujikan pada 18 mencit yang mengalami diabetes, “Hasilnya luka salep ekstrak daun ketapang ini mampu mempercepat penyembuhan luka mencit dibandingkan dengan obat yang beredar di pasaran,” pungkasnya seperti dikutip unair news Selasa (18/06/2019). (Red)

Check Also

BEBASKAN PAJAK KENDARAAN BERMOTOR KHOFIFAH HARAP MASYARAKAT MANFAATKAN

WAGATABERITA.COM – SURABAYA. Perigatan hari jadi Provinsi Jawa Timur ke – 74 yang jatuh