Minggu, 20 Oktober 2019, 1:02
Home / NEWS / KHOFIFAH AJAK TAGANA JAGA KELESTARIAN ALAM KAMPANYE BAHAYA PLASTIK
Gubernur Jatim Berikan Sambutan Pada Upacara Jambore Tagana Th.2019 Di Pasir Berbisik Gunung Bromo Kabupaten Probolinggo

KHOFIFAH AJAK TAGANA JAGA KELESTARIAN ALAM KAMPANYE BAHAYA PLASTIK

WAGATABERITA.COM – PROBOLINGGO. Saat Apel Jambore Tagana dan Bakti Sosial di Lautan Pasir Berbisik, Gunung Bromo, Probolinggo Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengatakan masyarakat masih banyak yang harus diedukasi agar memiliki kesadaran bahaya sampah plastik oleh sebab itu Taruna Siaga Bencana (Tagana) diajak ikut mengurangi penggunaan sampah plastik serta terus menanam pohon dan memeliharanya.

Indonesia menjadi negara dengan penyumbang sampah plastik terbesar ke – 2 di dunia, “sudah menjadi tanggung jawab kita bersama untuk peduli menjaga kelestarian lingkungan dan saya berharap Tagana menjadi garda terdepan dalam kampanye sadar bahaya plastik serta tidak berhenti mengajak semua pihak terus menanam. Pengalaman saya selama di Kementerian Sosial, bakti sosial apapun dimanapun selalu disertai dengan menanam secara masif,” ungkap Khofifah Sabtu (28/09/2019).

Karena sampah plastik sangat membahayakan lingkungan dan kesehatan manusia juga butuh waktu 1000 tahun mengurai plastik Khofifah meminta Tagana berperan aktif dalam pelestarian air dan lingkungan melalui pengelolaan sumber daya air yang berkelanjutan.

“Tanamlah pohon untuk menjaga ketahanan dan kualitas air tanah, selain untuk mencegah erosi. Salah satu pohon yang memiliki spesifikasi tersebut adalah trembesi. Sementara untuk wilayah rawan tsunami bisa dengan menanam cemara udang. Cemara udang dikenal pohon yang memiliki kekuatan menahan abrasi bahkan tsunami. Umurnya bisa lebih lima ratus tahun,” tuturnya.

Ditambahkan Khofifah, “Manfaat lain menanam pohon yaitu akan mengurangi dampak pemanasan global, menambah sumber oksigen di bumi, dan mengurangi polusi udara. Gubernur khofifah mengajak semua Tagana yang mengikuti apel jambore dan bakti sosial di Bromo dapat melanjutkan tugas mulia ini di daerah mading- masing. Terhadap bibit pohon trembesi dan cemara udang, jika kesulitan mencari bibitnya, silahkan datang ke Jawa Timur,” terang Khofifah.

Gubernur Jatim Foto Bersama Dengan Dirjen Kemensos RI, dan Tim Tagana Pada Upacara Jambore Tagana Th.2019 Di Pasir Berbisik Gunung Bromo Kabupaten Probolinggo

Diketahui Provinsi Jawa Timur meraih Juara Umum dengan perolehan 2 emas, 2 perak, dan 1 perunggu, Direktur Jenderal Perlindungan dan Jaminan Sosial Kementerian Sosial, Harry Hikmat menjelaskan, “Selama tiga tahun berturut – turut Jawa Timur menjadi Juara Umum. Ini membuktikan bahwa kompetensi Tagana di Jawa Timur diatas rata – rata. Selamat kepada Jawa Timur,” ungkapnya.

Harry menambahkan Jambore dan Bakti Sosial Tagana adalah ajang bagi seluruh stakeholder bencana untuk menguatkan komitmen menjaga alam sekaligus kesempatan para relawan kemanusiaan bertukar pikiran dalam penanggulangan bencana di waktu mendatang. (Red)

Check Also

WAGATABERITA.COM – SUMEDANG. Ikatan Wartawan Online (IWO) Kabupaten Sumedang