Minggu, 20 Oktober 2019, 0:10
Home / NEWS / HUKUM / PRO KONTRA PAKAR HUKUM TENTANG RUU KPK PRESIDEN TERBITKAN UU ATAU PERPPU
Presiden Jokowi

PRO KONTRA PAKAR HUKUM TENTANG RUU KPK PRESIDEN TERBITKAN UU ATAU PERPPU

WAGATABERITA.COM – JAKARTA. Berbagai Polemik, Pro dan Kontra terjadi pada Revisi Undang – undang nomor 30 tahun 2002 tentang KPK yang telah disahkan beberapa waktu yang lalu dengan banyaknya perbedaan pendapat pada RUU KPK ini.

Seperti pendapat yang diutarakan Guru Besar Ilmu Hukum, Profesor Romli Atmasasmita yang berpendapat isi revisi UU KPK tersebut telah bagus, “Saya rasa Pemerintah tidak perlu ragu, undang – undangkan saja. Kalau mereka gak suka ada MK kok, kan gitu yang mengatur di Republik Indonesia kok harus bingung,” terangnya di Jakarta, Jumat (04/10/2019).

Menurutnya Presiden Jokowi tidak perlu ragu untuk mengundangkan UU KPK, sebab untuk menentukan keliru atau tidaknya nanti di Mahkamah Kontitusi (MK), “Peraturan utama dewan pengawas harus disusun secara jelas, kemudian sistem koordinasi, cara revisi dan pelaporan terhadap pengawasan yang dilakukan oleh Denwas,” tambahnya.

Tetapi hal yang berbeda dikemukakan mantan Ketua KPK, Taufiqurrahman Ruki, dalam hal ini Ruki mendukung Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) untuk segera menerbikan peraturan pemerintah pengganti undang – undang (Perppu) UU KPK hasil revisi yang telah disahkan DPR RI, “Saya mendukung Presiden harus mengeluarkan perppu pengganti UU untuk memperbaiki hasil revisi terhadap UU 2002. Harus, kalau tidak pemberantasan korupsi bisa kita katakan mundur,” tegasnya.

Bila Perppu dikeluarkan membuktikan Jokowi memiliki komitmen yang kuat.
“Siapapun juga, gimana pun yang ada KPK bubar apabila tidak memiliki strong commitment pengeluaran Perppu ini akan menunjukkan kepada publik bahwa Presiden Jokowi memiliki strong and sustainable commitment dalam rangka pemberantasan korupsi,” jelasnya.

Ruki menegaskan, penerbitan Perppu untuk UU KPK sangat penting. Dia juga siap membantu Presiden Jokowi untuk membahas ulang UU tersebut.
“saya pribadi dukung para senior menyarankan kepada Pak Presiden keluarkan Perppu, soal isinya bisa kita rundingkan saya bersedia beri kontribusi tentang apa saja yang penting pemberatasan korupsi harus berjalan lebih baik,” terangnya.

Check Also

BERTEMU ZULHAS PRESIDEN BILANG HARUS MRMBAHAS MASALAH GLOBAL KEPADA SELURUH KETUA PARTAI

WAGATABERITA. COM – JAKARTA. Presiden Joko Widodo kembali menggelar pertemuan,