Minggu, 29 Maret 2020, 2:54
Home / NEWS / PANTAU POSKO DINKES ANTISIPASI CORONA EMIL BILANG MASYARAKAT TAK PERLU PANIK
Wagub Jatim Emil Dardak Tinjau Posko Dinkes.

PANTAU POSKO DINKES ANTISIPASI CORONA EMIL BILANG MASYARAKAT TAK PERLU PANIK

WAGATABERITA.COM – SURABAYA. Wakil Gubernur Jatim, Emil Elestianto Dardak langsung meninjau kesiapan petugas posko Covid – 19 di Dinas Kesehatan Provinsi jawa Timur, Selasa (17/03/2020).

“Sesuai dengan intruksi protokol Kantor Staf Presiden (KSP), bahwa komunikasi dan informasi tentang Covid – 19 di daerah yang hanya bisa memberikan informasi yaitu Dinas Kesehatan (Dinkes). Maka kami kesini ingin tahu sejauh mana persiapan personilnya apakah sudah paham dengan virus Covid – 19,” jelasnya.

Terkait informasi soal data dan covid – 19 seperti orang dalam pantau (ODP), terkena virus Covid – 19 di Jatim yang menjadi juru bicaranya yaitu Dinkes, kemudian di Kota/Kabupaten juga yang boleh menginformasinya juga dinkes setempat. “Informasi Covid – 19 ini juga dilakukan secara terpusat oleh Kementerian Kesehatan,” lanjutnya.

Pihaknya juga mengapresiasi persiapan posko covid – 19 di Dinkes Jatim, mulai call centernya dengan langsung menjawab pertanyaan masyarakat melalui layanan whatsapp, kemudian ada petugas yang memakai HT untuk berkomunikasi dengan Kabupaten/Kota di Jatim. Bahkan sekarang sudah ada bantuan komunikasi dari Dinas Kominfo Jatim untuk langsung menghubungkan layanan covid – 19 ke Dinkes Jatim.

“Saya terima kasih kepada petugas covid – 19 yang telah menyiapkan peralatan komunikasi terkait covid – 19, saya juga minta kepada petugas untuk juga jaga kesehatannya,” terangnya.

Mantan Bupati Trenggalek tersebut juga, berpesan kepada masyarakat untuk tidak panik menghadapi virus corona atau covid – 19 ini. Bahkan pihaknya menyarankan kepada masyarakat agar mengutamakan cuci tangan dengan sabun karena lebih efektif dan bersih untuk mencegah tertularnya virus, “selama ada wastafel lebih baik cuci tangan, sehingga tangan jadi bersih,” tambahnya.

Ia juga mengatakan bahwa saat Pemerintah Provinsi Jatim mendapatkan bantuan Alat pelindung diri (APD) dari Pemerintah Pusat yaitu 1.000 masker, “APD ini sudah langsung didistribusikan ke RSUA oleh Dinkes Jatim,” ujarnya. (Imas)

Check Also

UNBK SMA DIUNDUR PEMPROV JATIM GUNA CEGAH PENYEBARAN VIRUS CORONA

WAGATABERITA.COM – SURABAYA. Antisipasi penyebaran Corona Virus Disease (COVID – 19)