Jumat, 29 Maret 2024, 12:21
Home / NEWS / INGIN BEBAS COVID TIRU YANG DILAKUKAN WARGA KELURAHAN YANG ADA DI SURABAYA INI
Kampung Wani Covid - 19 Jogo Surabaya.

INGIN BEBAS COVID TIRU YANG DILAKUKAN WARGA KELURAHAN YANG ADA DI SURABAYA INI

WAGATABERITA.COM – SURABAYA. Menjadi kota dengan angka kasus pasien positif Covid – 19 tertinggi di Jawa Timur, tak membuat sebagian warga Surabaya menyerah dan pasrah pada situasi ini, ada sebagian warga Surabaya yang terus berjuang melawan penyebaran wabah tersebut.

Terbukti terdapat beberapa kelurahan yang telah bebas dari kasus virus corona seperti Kelurahan Genting Kalianak dan Kelurahan Tambak Sarioso yang berlokasi di Kecamatan Asem Rowo, Kota Surabaya yang semakin cepat menurunkan angka kasus bahkan hingga dinyatakan nol dan sudah tidak ada lagi warganya yang terpapar, Senin (29/06/2020).

Suksesnya hal tersebut tak lepas dari Peran dan Tugas Penyuluh Sosial Masyarakat (Pensosmas) di Kampung Wani Covid – 19 seperti yang dilakukan Lailatul Ilmiah seorang relawan yang menyebutkan, salah satu kunci keberhasilan dua kelurahan tersebut mempertahankan kelurahannya sebagai zona hijau adalah karena disiplin melaksanakan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

Lila sapaan akrabnya mengatakan, “bersama dengan RT, RW, dan tokoh masyarakat, kami mengubah pola hidup warga agar bersih dan sehat,” ujar Relawan Penyuluh Sosial Masyarakat (Pensosmas Jatim) binaan Dinas Sosial Jawa Timur.

Lila menambahkan proses ini tentunya tak instan, gerakan mengubah pola hidup warga dilakukan sejak beberapa tahun lalu dengan mengajak warga mengikuti lomba kebersihan hingga penyuluhan dan edukasi, “Alhamdulillah sekarang warga selalu membuang sampah pada tempatnya. Akhir – akhir ini warga juga menyiapkan tempat cuci tangan di depan rumah masing – masing,” tuturnya.

Kebiasaan yang dipupuk bertahun – tahun, di saat pandemi warga terbiasa melakukan PHBS dan patuh melakukan protokol kesehatan seperti memakai masker, jaga jarak, dan mencuci tangan, “kami menyemprot fasilitas umum dengan disinfektan secara rutin dan sekarang sedang membentuk Kampung Wani Covid – 19 Jogo Suroboyo di tiap RT. Kami juga sudah membentuk satgas – satgas untuk menangani beberapa tugas,” jelasnya.

Diketahui terbentuknya Kampung Wani Covid – 19 Jogo Suroboyo memiliki empat satgas, yakni satgas Wani Sehat, Wani Sejahtera, Wani Jogo, dan Wani Ngandani dengan melaksanakan tugas masing – masing dengan melakukan pemantauan terhadap ODP, PDP, dan OTG, hingga mengidentifikasi makanan pasien, membuat jadwal jaga kampung, hingga memberikan informasi dan edukasi terhadap warga tentang covid – 19.

Kegiatan pembagian sembako kerap dilakukan Relawan Pensosmas Jatim ini bersama Camat dan Polsek Asemrowo, “kami berharap ke depan masyarakat tetap tertib melanjutkan pola hidup yang baik. Kami juga berharap agar Pemerintah supaya lebih baik lagi dalam menangani pengelolaan data,” pungkas Lila. (Red)

Check Also

PSI MENANG BPJS GRATIS MULAI DIGAUNGKAN DI SURABAYA

WAGATABERITA.COM – SURABAYA. Tak main – main janji program yang akan dilakukan Partai Solidaritas Indonesia …