Kamis, 22 Oktober 2020, 16:56
Home / NEWS / ZOOMINAR HIPPII UNGKAP KEBERSIHAN TANGAN KUNCI UTAMA CEGAH PENULARAN COVID
Sulistyorini, S.Kep.Ns ketua HIPPII Korwil Surabaya.

ZOOMINAR HIPPII UNGKAP KEBERSIHAN TANGAN KUNCI UTAMA CEGAH PENULARAN COVID

WAGATABERITA.COM – SURABAYA. Semua pihak hingga saat ini belum berhenti melakukan upaya penanganan penyebaran covid – 19 seperti pula yang dilakukan Himpunan Perawat Pengendali Infeksi Indonesia (HIPPII) Korwil Surabaya yang membahas tantangan dan hambatan penerapan kebersihan tangan di lingkungan tenaga kesehatan (nakes), Selasa (22/09/2020).

Diketahui hal terpenting menurunkan risiko penularan penyakit infeksius dan 98% penyebaran kuman pada tubuh adalah menjaga kebersihan tangan, “semua dapat bersumber dari tangan kita sendiri. Menjaga kebersihan tangan merupakan salah satu upaya terhindar dari berbagai penyakit,” ucap Sulistyorini, S.Kep.Ns Ketua HIPPII Korwil Surabaya.

Pembahasan dilakukan secara zoominar khusus membahas kebersihan tangan dan keselamatan pasien di era Covid – 19 sekaligus hambatan dan strategi penerapan Hand Hygiene (HH atau kebersihan tangan) di era Covid saat ini.

Dijelaskan kepatuhan petugas (nakes) pada kebersihan tangan menjadi pilar utama dalam keselamatan pasien sehingga peningkatan pengetahuan IPCN dalam menyikapi hambatan penerapan kebersihan perlu ditingkatkan.

Sulistyorini menambahkan, “saat menangani covid – 19, nakes selalu mengenakan Alat Pelindung Diri (APD). Sehingga tidak jarang mengabaikan kebersihan tangan. Padahal hal itu urgensinya sangat tinggi dalam memutus penularan covid – 19. Hal inilah yang menjadi bahasan utama dalam seminar itu,” ungkapnya.

Virus corona telah menjadi kepanikan masyarakat sejak awal Maret saat diumumkan dua warga Indonesia positif corona, “penyebarannya yang cepat mengakibatkan beberapa daerah di Indonesia menjadi rawan dan berdampak terhadap kesiapan Rumah Sakit dan Tenaga Kesehatan. Di era pandemi covid – 19 ini, kebersihan tangan menjadi hal sangat penting untuk menurunkan risiko penularan,” tutup Sulistyorini. (Red)

Check Also

PASTIKAN VAKSIN COVID HALAL INI YANG DILAKUKAN MUI BERANGKAT KE TIONGKOK

WAGATABERITA.COM – JAKARTA. Menghadapi wabah corona dengan vaksin