Selasa, 19 Januari 2021, 3:05
Home / NEWS / SIMULASI VAKSIN COVID DILAKUKAN DI JATIM BISA JADI PERCONTOHAN BUAT RS LAIN
Khofifah hadiri simulasi vaksin covid - 19.

SIMULASI VAKSIN COVID DILAKUKAN DI JATIM BISA JADI PERCONTOHAN BUAT RS LAIN

WAGATABERITA.COM – SURABAYA. Vaksin Imunisasi covid – 19 telah diterima Indonesia beberapa waktu lalu. Vaksin yang akan diberikan gratis bagi seluruh rakyat Indonesia ini mulai disimulasi Pemerintah Provinsi Jawa Timur, Jumat (18/12/2020).

Untuk simulasi vaksin covid – 19 yang dilakukan di Jatim kali ini bahkan dihadiri secara langsung oleh Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat sekaligus Rais Amm PBNU KH. Miftahul Akhyar diikuti oleh Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa.

Hadirnya Ketua MUI dapat memberikan keyakinan vaksin covid – 19 halal, “Allhamdulillah, hari ini pelaksanaan simulasi vaksin covid – 19 di Jatim dihadiri oleh Ketua Umum MUI Pusat KH. Miftakhul Akhyar. Ini menunjukkan bahwa vaksin ini halal. Kehalalan menjadi bagian yang penting dalam meyakinkan masyarakat. Sebanyak apapun vaksin yang disiapkan ketika masyarakat merasa ragu, maka pelaksanaan imunisasi vaksin covid – 19 tidak akan sukses. Maka kami menyampaikan terima kasih atas kerawuhan Ketua Umum MUI Pusat pada simulasi pagi ini,” terang Khofifah.

Saat di RSI Jemursari Surabaya dikatakan Khofifah Jawa Timur dalam posisi siap melaksanakan pemberian imunisasi vaksin kepada masyarakat karena telah memiliki 8.501 vaksin karier, 1800 lemari es, 2404 vaksinator serta programmer di setiap Kabupaten/Kota karena data Kemenkes RI Pemprov Jatim diberi jatah 317.000 vaksin yang akan dibagi sebanyak dua kali.

Pemprov Jatim sendiri saat ini telah memiliki 2.404 vaksinator bersertifikat dimana bila seorang diberikan vaksin dua kali dalam waktu 14 hari akan terpenuhi, “jadi pelaksanaan vaksin tidak sampai berbulan – bulan, kecuali jika mendapat tambahan vaksin kami akan siapkan penambahan vaksinator sekaligus fasyankesnya,” jelas Khofifah.

Gubernur perempuan pertama ini meyakini pemberian vaksin tidak akan berlangsung berbulan – bulan sebab Jatim memiliki vaksinator bersertifikat 7 kali proses terlatih termasuk memiliki 2 programmer dari 38 Kabupaten/Kota dan Jatim juga memiliki cold storage sebanyak 1.800 yang dapat menyimpan vaksin.

Apresiasi juga tak lupa disampaikan Khofifah kepada RSI Jemursari yang bersedia ditunjuk Kemenkes untuk menjadi contoh pemberian vaksin pada masyarakat bagi RS Swasta lainnya sehingga dapat ikut bersemangat. (Red)

Check Also

BERIKUT PERTIMBANGAN VAKSIN COVID SINOVAC DISETUJUI PENGGUNAANNYA OLEH BPOM

WAGATABERITA.COM – JAKARTA. Pandemi covid – 19 telah berlangsung selama 10 bulan