Jumat, 18 Juni 2021, 12:43
Home / NEWS / KADISKOMINFO JATIM JELASKAN INSTRUKSI MENDAGRI ATAS PEMBATASAN KEGIATAN CEGAH COVID
Benny Sampirwanto

KADISKOMINFO JATIM JELASKAN INSTRUKSI MENDAGRI ATAS PEMBATASAN KEGIATAN CEGAH COVID

WAGATABERITA.COM – SURABAYA. Memantau perkembangan penularan covid – 19 Presiden Joko Widodo melakukan Sidang Paripurna Kabinet (SPK) di Istana Kepresidenan Jakarta, dalam SPK tersebut Presiden mengamanatkan pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di wilayah Jawa – Bali yang diberlakukan pada tanggal 11 hingga 25 Januari 2021 mendatang.

Menindak lanjuti amanat tersebut Menteri Dalam Negeri (Mendagri) RI, Tito Karnavian menerbitkan Instruksi Nomor 1 Tahun 2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan untuk Pengendalian Penyebaran Covid – 19.

Pada Instruksi Mendagri tersebut Benny Sampirwanto Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Provinsi Jawa Timur menjelaskan Pemerintah telah mencermati perkembangan pandemi covid – 19 beberapa minggu terakhir terus meningkat kasusnya termasuk terkait adanya varian baru virus corona.

Sehingga kepada para Gubernur di Jawa dan Bali serta Bupati/Walikota perlu melakukan langkah cepat, tepat, fokus dan terpadu guna mengatasinya termasuk Jatim dimana daerah yang perlu melakukan pembatasan kegiatan adalah Surabaya Raya dan Malang Raya.

Benny menjelaskan dalam instruksi terdapat enam point ketentuan pembatasan kegiatan masyarakat juga terdapat empat parameter yang membuat wilayah di tujuh Provinsi harus menjalani pembatasan yakni tingkat kematian diatas rata – rata tingkat kematian nasional, tingkat kesembuhan dibawah rata – rata tingkat kesembuhan nasional, tingkat kasus aktif diatas rata – rata tingkat kasus aktif nasional dan tingkat keterisian tempat tidur Rumah Sakit untuk ICU dan ruang isolasi sudah diatas 70 persen.

“Pada PSBB kali ini, Kepala Daerah juga diminta untuk memperkuat kemampuan tracking, sistem dan manajemen tracing, perbaikan treatment, termasuk meningkatkan fasilitas kesehatan seperti bad/tempat tidur, ICU, hingga tempat isolasi,” tutup Benny. (red)

Check Also

VAKSIN JATIM LANSIA DAN GURU BELUM CAPAI TARGET

WAGATABERITA.COM – SURABAYA. Vaksinasi bagi lansia di Jawa Timur masih mencapai