Senin, 25 Januari 2021, 11:31
Home / JAKARTA / COVID MENINGKAT PEMBERLAKUAN PEMBATASAN KEGIATAN DILAKUKAN BEGINI ATURANNYA
Mendagri Tito Karnavian (google).

COVID MENINGKAT PEMBERLAKUAN PEMBATASAN KEGIATAN DILAKUKAN BEGINI ATURANNYA

WAGATABERITA.COM – JAKARTA. Kembali meningkatnya kasus positif covid – 19 menjadi perhatian Pemerintah Pusat, salah satu langkah mengatasinya Menteri Dalam Negeri (Mendagri) RI, Tito Karnavian terbitkan Instruksi Nomor 1 Tahun 2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan untuk Pengendalian Penyebaran Covid – 19 pada tanggal 6 Januari 2020.

Sidang Paripurna Kabinet yang dipimpin Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan Jakarta, Presiden mengamanatkan pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di wilayah Jawa – Bali dimana akan diberlakukan pada tanggal 11 hingga 25 Januari 2021 mendatang.

“Mencermati perkembangan pandemi covid – 19 yang terjadi akhir – akhir ini, di mana beberapa negara di dunia telah memberlakukan pembatasan mobilitas masyarakat, dan dengan adanya varian baru virus covid – 19, diperlukan langkah – langkah pengendalian pandemi covid – 19,” kata Tito.

Dalam instruksi Tito disampaikan pada Gubernur dan Bupati/Walikota untuk mengatur pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat yang berpotensi menimbulkan penularan virus covid – 19 dengan isi instruksi terdiri dari :

1. membatasi tempat kerja/perkantoran dengan menerapkan Work From Home (WFH) sebesar 75 persen dan Work Form Office sebesar 25 persen dengan menerapkan protokol kesehatan secara lebih ketat ;

2. melaksanakan kegiatan belajar/mengajar secara daring/online ;

3. untuk sektor esensial yang berkaitan dengan kebutuhan pokok masyarakat dapat beroperasi 100 persen dengan pengaturan jam operasional, kapasitas, dan penerapan protokol kesehatan secara lebih ketat ;

4. melakukan pengaturan pemberlakuan pembatasan :
a. kegiatan restoran (makan/minum di tempat sebesar 25 persen) dan untuk layanan makanan melalui pesan antar/bawa pulang tetap diizinkan sesuai dengan jam operasional restoran ; dan
b. pembatasan jam operasional untuk pusat perbelanjaan/mall sampai dengan pukul 19 : 00 WIB.

5. mengizinkan kegiatan konstruksi beroperasi 100 persen dengan syarat penerapan protokol kesehatan yang lebih ketat.

6. mengizinkan tempat ibadah untuk dilaksanakan dengan pengaturan pembatasan kapasitas sebesar 50 persen dengan protokol kesehatan secara lebih ketat.

Upaya mencegah dan menghindari kerumunan wajib dilakukan baik dengan cara persuasif kepada semua pihak maupun melalui cara penegakan hukum dengan melibatkan aparat keamanan (Satuan Polisi Pamong Praja, Kepolisian Negara Republik Indonesia, dan melibatkan Tentara Nasional Indonesia), dijelaskan pengaturan pemberlakuan pembatasan ini berlaku mulai tanggal 11 Januari hingga 25 Januari 2021, Kamis (07/01/2021). Red)

 

Check Also

PPKM DIPERPANJANG BERIKUT ATURAN YANG BERLAKU

WAGATABERITA.COM – JAKARTA. Rapat Terbatas (Ratas) yang dipimpin oleh Presiden