Jumat, 3 Desember 2021, 0:07
Home / JAKARTA / BERIKUT BANSOS COVID YANG AKAN DIKUCURKAN
Ilustrasi Bantuan.

BERIKUT BANSOS COVID YANG AKAN DIKUCURKAN

WAGATABERITA.COM – JAKARTA. Kelanjutan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) mulai 21 Juli hingga 25 Juli 2021 diumumkan langsung oleh Presiden Joko Widodo bertujuan menekan laju penularan covid – 19, serta mengendalikan kapasitas rumah sakit yang menangani pasien covid – 19 agar tidak over capacity.

Tetapi Presiden Jokowi menambahkan jika kondisi membaik pada tanggal 26 Juli 2021 kelonggaran bertahap akan dilakukan terutama dibidang ekonomi disektor usaha kecil menengah, Kamis (22/07/2021).

Penyesuaian PPKM perpanjangan ini akan disesuaikan menurut level asesmen setiap Kabupaten/Kota berdasarkan level standar WHO yakni level asesmen situasi pandemi yang mengukur antara laju transmisi virus dibandingkan dengan kapasitas respon (3T) termasuk indikator kasus konfirmasi harian, tingkat BOR, dan pencapaian vaksinasi.

Selain akan dilonggarkannya aturan khususnya pada bidang ekonomi tertentu dalam hal ini bantuan sosial juga akan ditambah khususnya pada Program Perlinsos sebesar Rp 33,98 triliun (dari sebelumnya Rp153,86 triliun menjadi Rp187,84 triliun) yang dipergunakan untuk program Kartu Sembako, Diskon Listrik, Subsidi Kuota Internet, Kartu Prakerja, Bantuan Beras Bulog dan Kartu Sembako PPKM.

Beberapa Program Perlinsos yang ditambah yakni adalah Program Kartu Sembako indeks manfaatnya selama 2 bulan @ Rp200 ribu bagi 18,8 juta KPM, selanjutnya diskon listrik juga akan dilanjutkan selama 3 bulan yakni Oktober hingga Desember 2021 sebesar Rp 1,91 triliun.

Subsidi kuota internet selama 5 bulan juga akan diberikan sejak bulan Agustus hingga Desember 2021 dengan anggaran sebesar Rp 5,54 triliun dan bagi Kartu Prakerja dianggarkan Rp 1,2 triliun juga Bantuan Subsidi Upah/BSU yang dianggarkan Rp 8,8 triliun ditambah menjadi Rp 10 triliun yang pada program BSU ini akan diberikan kepara pekerja di sektor non kritikal dan lokasi kerjanya berada di area PPKM Level 4 berupah dibawah Rp 3,5 juta.

Bantuan berikut diberikan Beras BULOG untuk 10 juta KPM BST dan 18,8 juta KPM Kartu Sembako termasuk bantuan insentif bagi Usaha Mikro atau Super Mikro yang sifatnya informal seperti warung, PKL, lapak jajanan dan lainnya sebesar @ Rp 1,2 juta untuk sekitar 1 juta usaha mikro yang terdampak Level 4 yang akan disalurkan oleh TNI/Polri. (Red)

Check Also

PERJUANGAN MUSISI ARUL UNTUK HARI PAHLAWAN

WAGATABERITA.COM – SURABAYA. Pada masa perang dijaman dahulu yang telah