Kamis, 30 Juni 2022, 20:56
Home / NEWS / YANG BEDA PADA PERINGATAN HUT KOTA SURABAYA
(Kiri) Walikota Eri Cahyadi saat memberikan sambutan. (Kanan) Walikota Eri Cahyadi dan Ketua DPD PPNI Surabaya Ns. Nuh Huda, M.Kep., Sp. Kep.MB.

YANG BEDA PADA PERINGATAN HUT KOTA SURABAYA

WAGATABERITA.COM – SURABAYA. Peringatan HUT ke – 729 Kota Surabaya 2022, Pemkot Surabaya dirayakan dengan menyelenggarakan kegiatan bhakti sosial layanan terintegrasi dengan menggandeng stakeholder (pemangku kepentingan) dibidang kesehatan. Kamis (19 – 05 – 2022).

Kegiatan yang dilakukan selama lima hari, antara tanggal 17 -21 Mei 2022 ini diawali dari wilayah Surabaya Selatan dimana titik kegiatannya dilakukan di Jl. Kupang Gunung Timur 1, Kelurahan Putat Jaya, Kecamatan Sawahan, Selasa (17 – 05 – 2022) dimulai pukul 07.00 WIB.

Walikota Surabaya Eri Cahyadi menghadiri langsung pembukaan rangkaian kegiatan bhakti sosial yang sangat mengundang antusiasme warga dilokasi acara yang melibatkan Stakeholder kesehatan diantaranya DPD PPNI Surabaya, IDI, IBI, Ikatan Apoteker Indonesia, Ikatan Laboratorium Kesehatan. PPNI sendiri pada kegiatan kali ini menyertakan 13 personel guna membantu layanan bidang kesehatan.

Eri Cahyadi dalam sambutannya berjanji memperbaiki 9 layanan masyarakat inti seperti Kependudukan, PDAM, Pembayaran Zakat dan layanan kesehatan. Setelah 31 Mei 2022 Eri meminta Puskesmas harus memperbaiki layanannya kepada masyarakat khususnya yang membutuhkan layanan kesehatan singkat.

Pemeriksaan singkat yang dimaksud seperti pelayanan cek kolesterol, darah tinggi dan asam urat harus dapat tuntas di tingkat puskesmas (kelurahan) dan tak boleh ada antrian panjang. “Setelah usai HUT Surabaya, Puskesmas saya minta menyediakan ruang sendiri bagi masyarakat yang membutuhkan layanan singkat, seperti; kolesterol, asam urat dan darah tinggi. Jadi yang datang periksa asam urat atau koleterol, mereka tidak usah antri, bisa langsung diperiksa dan pulang.“ Tegas Eri.

Menyadari terdapat kekurangan ruangan pada puskesmas tertentu Eri memberikan solusi dengan cukup mendirikan tenda guna merealisasikan perintahnya. “Kalau tak punya uang bilang Pak Sekda.” Bilangnya.

Tak hanya itu Eri juga memberikan hadiah menarik pada HUT Surabaya kali ini. “Hadiah paling menarik kali ini, sebanyak 365.000 masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) selama bulan Mei 2022 ini dapat memanfaat aset Pemkot Surabaya agar mendapatkan penghasilan Rp 3 – 4 juta.” Jelasnya.

Sementara Ketua DPD PPNI Surabaya, Ns. Nuh Huda, M.Kep., Sp. Kep.MB, menginstruksikan setiap jajaran Dewan Pengurus Komisariat (DPK) tingkat rumah sakit mengirim 1 personel dan DPK lembaga pendidikan kesehatan 2 personel dengan total 69 personel.

Mengaku senang PPNI dilibatkan pada kegiatan ini Nuh berkata. “Kami ingin melayani serta dicintai masyarakat dengan cara melalui kegiatan bhakti sosial sehingga masyarakat dapat merasakan langsung keberadaaan kami (PPNI) termasuk anggota kami dapat mengaplikasikan ilmunya langsung agar dapat dirasakan masyarakat.” ungkap Nuh.

Kegiatan yang dilakukan pemeriksaan kesehatan dan vaksinasi yang jadwalnya dimulai dari Surabaya Selatan. Pada tanggal 18 Mei di Surabaya Pusat, pada 19 Mei 2002 di Surabaya Timur. Surabaya Utara pada tanggal 20 April 2022 dan terakhir 21 Mei 2022 di Surabaya Barat. (Red)

Check Also

SYARAT MUDIK BERUBAH INI ATURAN TERKINI

WAGATABERITA.COM – JAKARTA. Perjalanan mudik hari Raya Idul Fitri tahun ini sudah tak dilarang karena …