Rabu, 1 Mei 2024, 6:54
Home / KESEHATAN / DAFTAR ZONA COVID WILAYAH DI JATIM TERKINI
Gubernur Khofifah.

DAFTAR ZONA COVID WILAYAH DI JATIM TERKINI

WAGATABERITA.COM – SURABAYA. Dalam rangka menekan penyebaran covid – 19 di Indonesia berbagai upaya terus dilakukan Pemerintah dari Pusat hingga Daerah seperti juga yang dilakukan oleh Pemerintah di Jawa Timur dari Pemprov bersama Forkopimda Jatim, Pemkab/Pemkot, tenaga kesehatan (nakes), dan seluruh elemen masyarakat yang selama ini terus berupaya melakukan penekanan penyebaran covid – 19.

Hasil kerja keras selama ini akhirnya membuahkan hasil baik terbukti dari data Satgas covid – 19 Nasional per 31 Agustus 2021 Jatim telah terbebas dari zona merah resiko penyebaran covid – 19 pada seluruh Kabupaten/Kota se Jatim.

Rasa syukur dan terima kasih disampaikan Gubenur Jatim Khofifah Indar Parawansa, “Alhamdulillah Jatim hari ini dinyatakan satgas covid – 19 Nasional Bebas Zona Merah Terima kasih kepada seluruh lapisan masyarakat yang telah  bekerja keras dan berjuang, mari terus patuhi protokol kesehatan dan percepat vaksinasi untuk menunju Jatim Bangkit,” katanya Rabu (01/09/2021).

Dikatakan perkembangan zonasi peta resiko covid – 19 adalah acuan penentuan tindakan dan kebijakan, “setiap kebijakan ataupun tindakan yang akan diambil memang harus disesuaikan dengan zonasi peta resiko sebuah daerah, selain posisi levelnya. Seperti Kota Surabaya saat ini masuk zona kuning dan berada di level 3, itu akan berpengaruh terhadap kebijakan yang diambil oleh Pemkot Surabaya. Begitu juga  daerah yang lain,” terang Khofifah.

Sisi yang harus terus jadi perhatian diantaranya percepatan vaksinasi di Jatim juga penerapan protokol kesehatan, “maka ketika semua pihak bersama – sama memaksimalkan di kedua sisi ini yaitu disiplin protkes dan vaksinasi. Insya Allah secepatnya akan bisa makin terkendali  penyebaran covid – 19. Tentunya dengan terus bersinergi, guyub rukun, dalam memaksimalkan ikhtiar ini,” kata orang nomor satu di Jatim ini.

Disiplin menjalankan protokol kesehatan adalah kunci melindungi diri kita dan orang di sekeliling dari penularan covid – 19, “kembali saya mengajak kepada kita semua mari disiplin menjalankan protokol kesehatan, kita masih harus kerja keras dan  berjuang menghadapi pandemi ini,” ajak Khofifah.

Diketahui melalui data covid – 19 Nasional ada 18 Kabupaten/Kota yang berada di zona kuning yakni Sidoarjo, Sumenep, Mojokerto, Lamongan, Pamekasan, Pasuruan, Kota Surabaya, Banyuwangi, Probolinggo, Sampang, Ngawi, Situbondo, Bojonegoro, Bangkalan, Tuban, Jombang, Kota Pasuruan dan Bondowoso.

Sedangkan 20 Kabupaten/Kota lainnya seperti Ponorogo, Kota Madiun, Madiun, Blitar, Tulungagung, Kota Malang, Nganjuk, Lumajang, Jember, Kota Mojokerto, Trenggalek, Malang, Magetan, Gresik, Kota Kediri, Pacitan, Kediri, Kota Blitar, Kota Batu, dan Kota Probolinggo berada pada zona oranye. (Red)

Check Also

SERU JABATAN KADES MINTA DIPERPANJANG SAAT INI ADA USULAN JABATAN GUBERNUR DIHAPUS

WAGATABERITA.COM – SURABAYA. Baru bulan Januari lalu para Kepala Desa (Kades) se Indonesia berkumpul melakukan