Jumat, 18 Juni 2021, 12:57
Home / JAKARTA / BERIKUT LANGKAH HADAPI TIGA VARIAN BARU CORONA DI INDONESIA
Menkes Budi Gunadi Sadikin (google)

BERIKUT LANGKAH HADAPI TIGA VARIAN BARU CORONA DI INDONESIA

WAGATABERITA.COM – JAKARTA. Varian baru virus corona kasusnya telah ditemukan di Indonesia saat ini, tiga carian baru itu dikenal varian London (B.1.1.7), Afrika Selatan (B.1.351), dan India (B.1.617) sehingga masyarakat wajib disiplin menerapkan protokol kesehatan karena dianggap cara paling ampuh dalam pencegahan penularan.

Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengatakan, “tetap kita harus melakukan protokol kesehatan dengan disiplin (memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak). Itu adalah cara yang paling baik untuk bisa mencegah penularan dari virus mutasi baru ini. Sekali lagi, penerapan protokol kesehatan secara disiplin (3M) dan juga penerapan protokol PPKM Mikro secara disiplin adalah cara yang paling ampuh untuk mengontrol penularan ini,” katanya seperti dikutip laman Setkab Selasa (11/05/2021).

Usai mengikuti Rapat Terbatas mengenai Penanganan Pandemi covid – 19 yang dipimpin oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) di Jakarta Menkes menjelaskan tiga varian baru virus tersebut masuk kategori variant of concern dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Varian ini dikatakan masuk Indonesia melalui Saudi Arabia, Afrika, India, dan Malaysia, “varian dari Inggris yang kebanyakan masuknya sudah mulai bulan Januari ini beredar di daerah Jawa, Sumatra, dan juga Kalimantan, ada juga di Bali. Varian atau mutasi dari Afrika Selatan, ini hanya kita temui satu di Bali. Dan yang akhir – akhir ini cukup banyak masuk ke Indonesia adalah varian dari India, banyak kita temui di Sumatra Selatan dan di Kalimantan Tengah,” terangnya.

Menkes menambahkan guna mencegah tiga varian baru virus corona tersebut meluas penyebaran di Indonesia pihaknya akan melakukan dengan intensif genome sequencing di sejumlah daerah yang terpantau telah terdeteksi adanya varian virus baru tersebut.

Lanjut Menkes, “kami dari Kementerian Kesehatan akan melakukan genome sequencing secara lebih rapat di daerah – daerah yang sudah kita lihat ada mutasi baru untuk bisa dengan segera memonitor pola penyebarannya, sehingga kita bisa melakukan langkah – langkah isolasi atau langkah – langkah karantina yang tepat agar virus mutasi baru ini tidak cepat menyebar ke daerah – daerah lain,” tutupnya. (Red)

Check Also

LANGKAH CEPAT ATASI SEBARAN COVID BANGKALAN

WAGATABERITA.COM – BANGKALAN. Diketahui virus covid – 19 masih menyerang