Jumat, 18 Juni 2021, 12:29
Home / JAKARTA / CARA MENKES ATASI COVID NAIK PASCA LEBARAN
Menkes Budi Gunadi Sadikin (google)

CARA MENKES ATASI COVID NAIK PASCA LEBARAN

WAGATABERITA.COM – JAKARTA. Pada pengalaman empiris setiap usai libur panjang seperti libur panjang Natal dan Tahun Baru, libur panjang Idul Fitri, dan libur panjang lainnya kenaikan kasus covid – 19 akan terjadi dan umumnya mencapai puncaknya sekitar 5 sampai 7 minggu kedepan.

Dikutip laman Kemenkes RI Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin Selasa (01/06/2021) mengatakan, “jadi kemungkinan kenaikan kasus diperkirakan akan sampai puncaknya di akhir bulan Juni. Sehingga arahan bapak presiden atau lebih pastikan bahwa seluruh daerah tetap menjalankan disiplin protokol kesehatan 3 M (Memakai masker, Menjaga jarak, Mencuci tangan pakai sabun),” jelasnya.

Menindak lanjuti hal ini kesiapan rumah sakit terutama ketersediaan tempat tidur perlu dipastikan dan kapasitas tempat tidur di Indonesia saat ini telah mencapai 72 ribu. Jumlah pasien pasca libur Lebaran ini dikatakan sedang meningkat, padahal

Kondisinya saat ini rumah sakit tengah mengalami peningkatan pasien yang terbukti beberapa waktu lalu tingkat keterpakaian tempat tidur sempat mengalami titik terendah sekitar 20 ribu tetapi saat ini naik sekitar 25 ribu tempat tidur yang terisi atau naik sekitar 20% sampai 25%.

Tingkat keterisian rumah sakit yang cukup tinggi dikabarkan terjadi di Aceh, sebagian kabupaten/kota di Sumatera Barat, Kepulauan Riau, dan Provinsi Riau juga di daerah Jambi, sebagian Jawa Tengah dan Kalimantan Barat, Sulawesi bahkan dikabarkan Jawa Tengah belakangan peningkatan kasusnya cukup besar baik dari sisi kasus konfirmasi maupun juga yang masuk rumah sakit.

Dijelaskan sebanyak 140 tenaga kesehatan di Kudus terekspose covid – 19 beruntung para Nakes tersebut telah melakukan vaksin sehingga sebagian besar mereka adalah OTG dan bisa lebih cepat sembuh karena antibodinya telah terbentuk.

Sementara kata Menkes Budi vaksinasi saat ini telah capai 500 Ribu Per Hari dimana total vaksinasi sampai hari ini akan tembus 27 juta vaksinasi, “bulan ini kita memiliki stok vaksin sekitar 20 juta. Jadi kalau dibagi 30 hari mampu lah kita menyuntik sebanyak 500 ribu sampai 650 ribu setiap hari. Saya minta ke seluruh Gubernur, abupati, Walikota untuk segera mempercepat program vaksinansinya,” pintanya.

Ditekankan Menkes vaksinasi saat ini diprioritaskan bagi Lansia yang memiliki risiko tertinggi dan termasuk paling banyak yang dirawat di rumah sakit karena covid – 19. (Red)

Check Also

LANGKAH CEPAT ATASI SEBARAN COVID BANGKALAN

WAGATABERITA.COM – BANGKALAN. Diketahui virus covid – 19 masih menyerang