Jumat, 18 Juni 2021, 12:19
Home / JAKARTA / RENCANA PEMBANGUNAN IBUKOTA BARU KALIMANTAN
Ilustrasi Pembangunan.

RENCANA PEMBANGUNAN IBUKOTA BARU KALIMANTAN

WAGATABERITA. COM – JAKARTA. Perpindahan ibu kota negara semakin matang untuk dilakukan, dimana saat ini dasar hukumnya terus digodok dan persiapan draf RUU Ibu Kota Negara Baru (IKN) sebagai landasan hukumnya akan segera diajukan Pemerintah ke DPR untuk dibahas.

RUU IKN sebagai payung hukum pemindahan ibu kota dari Jakarta ke Kalimantan Timur diketahui telah masuk ke dalam Program Legislasi Nasional (Prolegnas) Prioritas 2021 dan DPR menanti tindakan lanjutan yakni pembahasan yang diusulkan tersebut dan disahkan.

Walau terdapat tiga fraksi Partai Keadilan Sejahtera, Partai Demokrat, dan Partai Amanat Nasional mengkritik pembahasan RUU itu di tengah pandemi Rudy Suprihadi Prawiradinata, Deputi Bidang Pengembangan Regional Bappenas pembahasannya disesuaikan mengingat kondisi pandemi, “Pak presiden akan segera menyerahkan RUU IKN. Saat ini tujuan utama pemerintah, ya mengontrol pandemi covid – 19 dulu,’’ jelasnya dikutip laman Indonesiago Senin (31/05/2021).

Dengan luas area sebesar 30.000 hektare hingga 40.000 hektar Ibu Kota baru ini akan dibangun di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur dengan daya tampung sekira 900.000 hingga 1,5 juta orang.

Perkiraan biayanya sekira Rp 500 triliun dengan skema biaya APBN sebesar 19.2% atau Rp 100 triliun sisanya berasal dari Kerja Sama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) sebesar 54.6% dan sisanya mengandalkan investasi pihak swasta sebesar 26.2%.

Diperkirakan pada proyek tahun pertama akan menyerap hingga 100 ribu tenaga kerja bhkan perkiraan Bappenas akan menyerap hampir 5 juta tenaga kerja hingga tahun 2045 mendatang.

Dalam hal ini Fadjroel Rahman Juru Bicara Presiden mengatakan, “jadi, dengan berjalannya proyek IKN, investasi akan masuk, cipta lapangan kerja terjadi, dan itu menjadi salah satu simpul mengatasi ekonomi indonesia yang sedikit merosot di masa pandemi,” jelasnya.

Ground breaking atau peletakan batu pertama pembangunan istana negara di lokasi ibu kota yang baru rencananya dilakukan pada Agustus 2021 dimana telah ditetapkan dua lokasi pilihan yang tentunya akan menunggu UU IKN yang akan disahkan oleh DPR RI dalam waktu dekat.

Sementara karakter IKN direncanakan nantinya adalah hutan hijau hingga 70% dimana Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya berencana membuat kebun hutan di IKN dan penanaman kembali beberapa wilayah yang lingkungan hutannya yang sudah rusak. (Red)

Check Also

TAK SAMA BELAJAR BIASA INI ATURAN PTM DILAKUKAN

WAGATABERITA.COM – JAKARTA. Sesuai SKB 4 Menteri yang mempersiapkan Pembelajaran