Jumat, 18 Juni 2021, 13:07
Home / JAKARTA / KATA WAMENKES FAKTOR KASUS COVID KEMBALI NAIK
Ilustrasi Gambar covid.

KATA WAMENKES FAKTOR KASUS COVID KEMBALI NAIK

WAGATABERITA.COM – JAKARTA. Pada kisaran 5 ribu per hari kasus covid – 19 nasional kembali meningkat dimana sebelumnya kasus covid – 19 sempat turun diangka 3.800 sampai 4 ribu per hari sehingga saat ini berkisar sebesar 5,2% pada angka kesembuhan mencapai 92% dan tingkat kematian 2,8%.

Pasca Lebaran Idul Fitri dikatakan Wakil Menteri Kesehatan RI dr. Dante Saksono Harbuwono ada beberapa variabel yang menyebabkan kasus ini meningka, “sesudah lebaran ini maka kita bisa lihat adanya external factor dan endogen factor,” terangnya seperti dikutip laman Kemenkes Rabu (26/05/2021).

Faktor eksogen (external) kata Dante berkaitan dengan mobilitas penduduk yang meningkat, “kita bisa melihat bahwa pada 4 hari terakhir peningkatan kasus baru mencapai di atas 5 ribu. Ini menunjukkan bahwa mobilitas yang terjadi pasca lebaran dan Ramadhan itu sudah mulai terlihat tinggi. Ini kalkulasi prediksi yang kita lakukan mungkin peningkatan akan sampai pertengahan minggu yang akan datang,” terangnya.

Lanjut Dante pada faktor endogen yakni teridentifikasi mutasi virus baru dikenal variant of concern yang berasal dari India, Afrika dan dari Inggris terdapat 54 kasus yang menyebar dimana 35 kasus di antaranya adalah kasus yang berasal dari migran dari luar Indonesia dan 19 kasus lainnya sudah ada di Indonesia.

Dalam hal ini Pemerintah diharuskan memonitor 4 hingga 5 minggu ke depan, walau terlihat ada peningkatan kasus dalam seminggu ini namun masih jauh lebih kecil dibandingkan liburan Natal dan Tahun Baru yang saat itu kasus tertingginya terjadi pada 5 Februari 2021

Sehingga Pemerintah perlu menjaga pencegahan penularan tetapi stabilitas ekonomi tetap berjalan dengan baik dengan melakukan keseimbangan antara protokol kesehatan dan kebijakan ekonomi termasuk meningkatkan cakupan vaksin

Pasca lebaran tegas Dante cakupan vaksin akan dikejar hingga 1 juta vaksin per hari dengan melakukan upaya seperti menyederhanakan meja vaksinasi yang dari 4 meja menjadi 2 meja juga mendorong vaksin gotong royong yang dimulai beberapa waktu lalu.

Pemerintah menurut Dante segera memulai vaksinasi tahap tiga yakni vaksin bagi masyarakat umum di daerah rentan sehingga pandemi covid – 19 diharap segera teratasi dengan baik. (Red)

Check Also

LANGKAH CEPAT ATASI SEBARAN COVID BANGKALAN

WAGATABERITA.COM – BANGKALAN. Diketahui virus covid – 19 masih menyerang