Jumat, 18 Juni 2021, 12:24
Home / NEWS / EMIL DUKUNG PROGRAM WIRAUSAHA KAUM MILENIAL
Emil.

EMIL DUKUNG PROGRAM WIRAUSAHA KAUM MILENIAL

WAGATABERITA.COM – SURABAYA. Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak mengikuti Konferensi Pers program Pemuda Wirausaha (Perwira) 2021 di Co – Hive Voza Tower, Jl. HR. Muhammad Surabaya yang menyambut baik program anak muda Jawa Timur yang memiliki platform kewirausahaan.

Dari program ini Emil berharap peluang menjadi wirausahawan lebih terbuka ketimbang pegawai, “program ini contohnya, road shownya bukan cuma Surabaya saja, tapi juga sampai ke Ngawi, ke Bojonegoro, ke Pamekasan dan Jember. Jadi relevan dengan Jawa Timur,” jelasnya.

Sesuai harapan Pemprov Jatim memfasilitasi generasi milenial Jatim mengembangkan kreativitas dan usaha. Perwira adalah sebuah platform ekosistem yang mempertemukan pemuda berwirausaha dengan para advisor dan mentor guna mendapatkan journey yang tepat mengembangkan usaha.

Mantan Bupati Trenggalek ini menilai Perwira Tahun 2021 keberhasilannya bisa menjadi role model atau referensi bagi banyak pihak, “karena yaitu tadi, bahwa peluang bekerja di perusahaan – perusahaan kan semakin kecil, maka semakin banyak dibutuhkan wirausaha,” katanya.

Program ini diharapkan membentuk cikal bakal wirausahawan dari nol menjadi start up kemudian berhasil hingga berkembang pesat, “jadi ini kita bisa menjadi satu model yang kalau sukses bisa menjadi rujukan kita bersama. Bagaimana membuat bibit itu menjadi tunas,” pinta Emil.

Dunia digital jelas Emil saat ini harus dihadapi dunia industri dari berbagai sektor dan generasi milenial saat ini bergelut dengan kreativitas yang dapat dijadikan ladang pekerjaan mereka sehingga diri menilai lebih orang – orang yang memiliki pekerjaan di sektor kreativitas berbasis digital karena freelancer atau orang yang bekerja secara freelance memiliki kesamaan dengan wirausahawan dan mandiri.

“Kita juga melihat orang, pertama, bukan memulai usaha tetapi menjual jasa kemampuannya, jadi misalnya saya mampu bikin desain ya saya menjual jasa dan menjual jasa desain, itu yang disebut sebagai freelance, itu ada kemandirian di dibandingkan dengan orang yang menjadi pegawai yang mengandalkan gaji bulanan,” ungkap Emil.

Pemprov Jatim saat ini fokus pada peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) seperti mengadakan pendidikan dan pelatihan di Balai Latihan Kerja (BLK) menyediakan SMA dual track termasuk mengembangkan dukungan pada generasi muda berwirausaha dan komunitas yang memang berpihak kepada mereka, Rabu (26/05/2021).

Bagi permodalan awal dikatakan Emil banyak jalur yang dapat diambil yang penting adalah seseorang bisa menggali potensi, membangun usaha dan menunjukkan bahwa dirinya mampu mengembangkan, “banyak program – program yang kita jalankan dari pusat ataupun dari Provinsi yang bisa kemudian menjadi starter untuk mereka, tetapi kata kuncinya SDM nya yang kita intervensi,” tutupnya. (Red)

Check Also

VAKSIN JATIM LANSIA DAN GURU BELUM CAPAI TARGET

WAGATABERITA.COM – SURABAYA. Vaksinasi bagi lansia di Jawa Timur masih mencapai