Minggu, 24 Oktober 2021, 4:17
Home / KESEHATAN / KERJA PARU TERGANGGU INI TANDA PATUT DIWASPADAI
Ilustrasi pelayanan dokter. (Dokumen)

KERJA PARU TERGANGGU INI TANDA PATUT DIWASPADAI

WAGATABERITA.COM – SURABAYA. Covid – 19 termasuk salah satu penyakit yang menyerang paru – paru. Tetapi selain covid –

19 terdapat juga penyakit lainnya yang mengganggu kerja paru – paru manusia.

Karena paru – paru termasuk salah satu organ vital tubuh manusia. Maka sepatutnya paru – paru harus tetap sehat agar hidup manusia dapat dijalani dengan sehat secara maksimal.

Oleh sebab kinerja paru dianggap penting bagi tubuh manusia sehingga kita wajib menjaga paru – paru. Kita bahkan dilarang mengabaikan kesehatan paru – paru agar tidak sampai terganggu aktifitasnya dan tetap sehat selama menjalani kehidupan kesehariannya.

Bila terjadi gangguan kerja paru – paru pada manusia biasanya selalu ditandai beberapa keluhan dan peringatan. Manusia diminta waspada pada peringatan dini pada tubuh mereka yang kadang sering diabaikan bahkan cenderung dibiarkan.

Agar dapat tertangani sedini mungkin bila kerja paru bermasalah. Manusia perlu waspada bila terdapat gejala pada tubuhnya sendiri dimana umumnya gejala tersebut menandai kinerja paru nya terganggu atau mulai bermasalah.

Jangan abaikan gejala tersebut. Berikut tips gejala peringatan kinerja paru yang terganggu dari Ahli Nutrisi India Lovneet Batra seperti dikutip antara Sabtu (25/09/2021)

1. Nyeri Dada

Nyeri dada termasuk tanda pertama yang wajib diwaspadai terkait kondisi paru – paru dalam bahaya atau tidak. Apabila terjadi terus menerus dalam jangka waktu yang cukup lama lebih dari sebulan biasanya.

Apalagi ketika kita bernafas atau ketika batuk nyeri dada terasa semakin sakit. Maka itu merupakan peringatan penting bahwa mungkin terjadi sesuatu yang salah pada kondisi paru kita.

2. Dahak kronis

Saluran pernafasan yang mengalami infeksi atau iritasi biasanya ditandai dengan adanya dahak.

Bila kita mengalami dahak berlebihan yang terjadi hingga jangka waktu lama. Misalnya terjadi lebih dari sebulan. Hal tersebut perlu diwaspadai adanya indikasi bermasalah pada paru kita.

3. Berat badan turun drastis

Bila kita mengalami turun berat badan mendadak tetapi kita tidak melakukan diet maupun olahraga??

Hal ini perlu diwaspadai dapat merupakan sinyal penting lainnya dari tubuh yang dikirim. Biasanya terjadi karena ada tumor yang menggerogoti bagian tubuh kita.

Selain sinyal adanya organ penting kita yang digerogoti tumor. Penurunan berat badan drastis bisa juga menjadi tanda khusus terjadi masalah pada paru kita. Apalagi bila tanda ini bersamaan dengan dua tanda sebelumnya. Dapat diyakini kemungkinan kondisi paru – paru kita bermasalah.

4. Perubahan pernafasan

Tanda berikutnya jika kita bernafas dan merasakan sesak juga tubuh mudah mengalami kelelahan. Indikasi tersebut patut dicurigai kondisi paru kita mungkin sedang bermasalah.

Dalam penjelasannya Lovneet menambahkan. “Penumpukan cairan dari karsinoma atau pun tumor yang telah menghalangi saluran nafas dapat menjadi salah satu penyebab dari sesaknya nafas dan mengubah pernafasan menjadi tidak nyaman.” Jelasnya.

5. Batuk terus menerus hingga batuk berdarah

Bila kita mengalami batuk jangka panjang atau lebih dari satu bulan dengan disertai batuk darah. Hal tersebut dapat dikategorikan kondisi kronis.

Hal tersebut jangan dianggap remeh karena merupakan gejala sangat penting dan merupakan informasi sistem pernafasan kita dalam masalah.

Konsultasi dengan dokter ahli paru atau dokter terkait dengan kondisi tersebut agar tak terjadi hal yang tidak diinginkan.

Sehingga bila belum mengalami kondisi kronis. Paru – paru kita dapat ditangani dengan tepat dan hasilnya akan dapat kembali sehat seperti semula. (Red)

Check Also

RELAWAN SOGAN PENDUKUNG GANJAR MENUJU JATIM

WAGATABERITA.COM – SURABAYA. Pendukung Ganjar Pranowo diperkirakan terus bertambah saat ini. Tak hanya di Jawa