Minggu, 24 Oktober 2021, 4:00
Home / GRESIK / KHOFIFAH PASTIKAN PASOKAN OKSIGEN JATIM CUKUP
Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa.

KHOFIFAH PASTIKAN PASOKAN OKSIGEN JATIM CUKUP

WAGATABERITA.COM – GRESIK. Oksigen sangat dibutuhkan masyarakat belakangan ini terutama bagi penderita covid – 19 akut yang sampai mengalami kesulitan bernafas. Menindak lanjuti isu langkanya oksigen Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa melakukan kunjungan ke pabrik – pabrik produsen oksigen yang bertujuan memastikan stok oksigen likuid maupun cair di Jatim tercukupi.

Karena lonjakan pemenuhan kebutuhan di rumah sakit (RS) saat meninjau Pabrik Oksigen PT. Air Product Indonesia di Divisi Industrial Gases, PT. Tira Austenite Tbk, Kabupaten Gresik Khofifah berpesan, “masing – masing rumah sakit diminta proaktif membawa tabung oksigen atau silindernya ke sini. Untuk diisi di sini dan kemudian bisa dibawa kembali ke rumah sakit masing – masing,” pinta Khofifah.

Dengan kondisi saat ini yang berbeda, guna menjaga ketersediaan oksigen di RS metode jemput bola atau proaktif harus dilakukan, “kalau dulu mungkin mereka menunggu proses kapan tabung oksigen atau silindernya diambil kemudian diisi. Sekarang harus sama – sama proaktif mengingat kebutuhan di rumah sakit meningkat tajam,” kata Khofifah Sabtu (10/07/2021).

Dalam hal ini Khofifah menugaskan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur mengkoordinasikan RS agar proaktif dan dukungan Pabrik Oksigen dari PT. Air Product Indonesia dapat mempercepat kebutuhan oksigen di RS dan pasien akibat pandemi covid – 19.

Khofifah menambahkan, “saya rasa ini menjadi bagian penting. Ayo saling proaktif. Memaksimalkan kebutuhan oksigen yang banyak dialami oleh rumah sakit rumah sakit sehingga pelayanan pasien covid – 19 berjalan baik,” ungkapnya.

Tingkat ketersediaan menurut Khofifah jika dihitung dan diatur secara kuantitatif produk semuanya cukup sehingga RS harus bisa mengkomunikasikan dengan tim yang bisa memastikan bahwa silinder yang ada di masing – masing RS kapan kosong bisa langsung segera dikirim untuk diisi.

“Jadi beda dengan yang dulu. Menunggu tim, kemudian turun mengambil silinder baru diisi baru dikirim ulang. Kalau sekarang nggak. Silindernya dibawa ke sini, diisi di sini sehingga langsung bisa digunakan oleh masing-masing rumah sakit,” tutupnya.

Turut hadir mendampingi Gubernur Khofifah saat kunjungan Plh. Sekdaprov Jatim Heru Tjahjono beserta Tim Satuan Gugus Tugas Penanganan Covid – 19 Jatim Dr Joni, Kadinkes Provinsi Jatim, Herlin Ferliana, Kadisperindang Jatim Drajat Irawan dan Plant Manager PT. Air Product Indonesia, Asep Saifudin. (Red)

Check Also

PPKM LANJUT INI RINCIAN LEVEL WILAYAH JAWA BALI

WAGATABERITA.COM – JAKARTA. Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) masih dilakukan