Kamis, 2 Mei 2024, 4:46
Home / JAKARTA / BANTUAN VAKSIN MODERNA AS UNTUK BOOSTER NAKES
Ilustrasi Vaksin

BANTUAN VAKSIN MODERNA AS UNTUK BOOSTER NAKES

WAGATABERITA.COM – JAKARTA. Vaksin Moderna produksi Amerika Serikat dalam bentuk jadi telah masuk ke Indonesia dengan jumlah 3 juta yang kedatangannya disambut Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin dimana vaksin covid – 19 ini akan digunakan untuk vaksinasi rakyat termasuk sebagai suntikan ketiga atau booster bagi para tenaga kesehatan.

Dengan tingkat efikasi tinggi dan terbukti ampuh menekan laju penularan covid – 19 di AS, “datangnya vaksin Moderna yang merupakan bantuan dari rakyat dan Pemerintah Amerika yang memang terbukti secara teknis memiliki efikasi yang tinggi, memiliki kemampuan perlindungan yang tinggi, akan sangat membantu para tenaga kesehatan Indonesia untuk menghadapi gelombang kedua dari pandemi,” ungkap Menkes seperti dikutip laman Setkab Minggu (11/07/2021).

Dilaporkan program vaksinasi Indonesia saat ini berjalan cukup cepat, “data terakhir saya lihat, kita sudah menembus 50 juta suntikan dan mencapai 52 juta suntikan. Sepuluh juta pertama kita capai dalam waktu delapan minggu, sepuluh juta berikutnya dalam waktu empat minggu, dan sebagai informasi sepuluh juta yang terakhir sudah kita capai dalam dua belas hari. Sehingga diharapkan kita bisa terus – menerus menambah jumlah suntikan dan orang yang disuntik ke depannya supaya lebih cepat lagi,” terang Menkes.

Sejumlah daerah disampaikan Budi telah memberikan suntikan vaksin pertama kepada lebih dari 50 persen masyarakatnya, “beberapa provinsi, seperti Bali, sudah lebih dari 70 persen rakyatnya menerima suntikan yang pertama. Demikian juga untuk DKI Jakarta, sudah lebih dari 50 persen rakyatnya mendapatkan suntikan pertama,” ungkapnya.

Lanjut Menkes, “saya melihat ini adalah suatu prestasi yang comparable dengan banyak negara – negara bagian atau provinsi – provinsi atau kota – kota besar, bahkan di negara maju di seluruh dunia untuk bisa lebih dari 70 persen atau 50 persen mendapatkan suntikan yang pertama,” jelaanya.

AS memberikan Vaksin Moderna ke Indonesia dengan skema dose – sharing kerja sama multilateral COVAX Facility, “terima kasih atas dukungan dari rakyat dan Pemerintah Amerika yang mau membantu program vaksinasi Indonesia dengan pengiriman Moderna ke Indonesia sebanyak 4,5 juta dosis secara bertahap. Apa yang telah Anda lakukan tidak hanya memberikan bantuan kepada Indonesia sebagai bangsa, tetapi juga menunjukkan penghargaan kepada kemanusiaan,” tutupnya. (Red)

Check Also

INI LANGKAH BILA DITEMUKAN KASUS GGAPA

WAGATABERITA.COM – JAKARTA. Kasus Gangguan Ginjal Akut Pada Anak (GG APA)