Jumat, 19 Januari 2018, 22:45
Home / EDUKASI / MENDIKBUD BERSIKUKUH REALISASIKAN LIMA HARI SEKOLAH

MENDIKBUD BERSIKUKUH REALISASIKAN LIMA HARI SEKOLAH

WAGATABERITA.COM – SURABAYA. Baru – baru ini aturan terkait lima hari sekolah membuat Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhajir Effendy bertekad untuk tetap merealisasikan kebijakan ini. Program yang diatur dalam Permendikbud nomor 23 tahun 2017 itu akan tetap dilakukan secara bertahap.

Dikatakannya, persiapan ini mulai dari penataran, sosialisasi dan menerjunkan kelompok kerja yang di tiap daerah untuk membantu pelaksanaan aturan ini. Hal itu untuk menyesuaikan sarana prasarana yang dimiliki daerah. Di Indonesia, hanya ada 11 kota dan kabupaten yang telah menerapkan program ini. “Di Jatim baru Kota Malang dan Kota Blitar yang komitmen dengan 5 hari kerja ini. Kalau Surabaya saya belum berdialog dengan walikotanya,” tegas mantan Rektor Univeraitas Muhammadiyah Malang (UMM) ini.

Muhajir menegaskan “Perkembangan program lima hari kerja untuk guru masih disiapkan sambil menunggu perpres turun. Mudah – mudahan cepatlah kelanjutannya,” ungkapnya saat menghadiri program Penyegaran Instruktur Nasional.

Kebijakan yang ia ambil terkait 5 hari kerja tidak berkaitan dengan full day school. Dikatakannya, kebijakan lima hari kerja ini memberikan peluang bagi guru untuk memberikan waktu pada keluarganya. Sehingga, guru tak hanya menghabiskan waktu untuk mendidik anak orang lain.Tetapi juga memiliki waktu yang cukup untuk membentuk anaknya sendiri. “Saya itu memperjuangkan hak guru, tapi menterine digepuki (dipukuli) kok guru diam saja,” celetuknya.

Kepala Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Jatim, Bambang Agus Susetyo menambahkan, pihaknya akan melakukan sosialisasi untuk PP 19 tahun 2017 tentang guru dan Permen 23 tahun 2017. “Kami harus menyampaikan terkait kejelasan dua aturan tersebut.” tegasnya. (Syamsul Arifin/Halu)

Check Also

KLB DIFTERI TINGGAL 5 PROVINSI

WAGATABERITA.COM – SURABAYA. Sekretaris Jenderal Kemenkes RI dr. Untung Suseno Sutarjo,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *