Senin, 18 Juni 2018, 6:47
Home / TRAVEL / FOOD STORY / TANGKAPAN SEPI, HARGA IKAN LAUT MELAMBUNG
Harga Ikan Laut Di Pasar Basah Trenggalek Naik.

TANGKAPAN SEPI, HARGA IKAN LAUT MELAMBUNG

WAGATABERITA.COM – TRENGGALEK. Musim paceklik, membuat harga ikan laut di Kabupaten Trenggalek melambung Tak tanggung – tanggung, harga ikan yang dijual dipasaran naik mencapai 50%.

Kenaikan harga ikan di pasar basah Kabupaten Trenggalek mulai dikeluarkan konsumen. Diketahui sejak musim paceklik ikan, banyak nelayan yang memilih tidak melaut.

Dikonfirmasi terkait hal tersebut, salah satu pedagang ikan laut di pasar basah Kabupaten Trenggalek mengatakan bahwa selama beberapa bulan terakhir, harga ikan laut mulai naik. “Kenaikan harga ikan laut mulai naik sejak beberapa bulan yang lalu. Hal ini dikarenakan musim sepi tangkapan ikan, sehingga banyak nelayan yang tidak mencari ikan,” ungkap Umi saat ditemui, Kamis (03/05/2018).

Diakui Umi, meski tidak semuanya nelayan berhenti melaut, ada beberapa yang memilih untuk tetap melaut meski hasil tangkapan tidak seperti biasanya.

Namun hal tersebut tidak berpengaruh besar terhadap minat dan kebutuhan para konsumen. “Untuk harga ikan laut yang mengalami kenaikan salah satunya ikan jenis rengis. Jika sebelumnya harga ikan rengis ini berkisar antara Rp 8 – 10 ribu rupiah per kilogram, saat ini harganya sudah mencapai Rp 15 ribu rupiah per kilogramnya,” imbuhnya.

Masih terang wanita berhijab ini, kenaikan harga ikan laut ini belum diketahui secara pasti akan kembali normal. Yang jelas, pihaknya hanya menunggu sampai hasil tangkapan ikan nelayan bisa normal seperti biasa. Dengan begitu, kenaikan harga ikan tidak semakin dikeluhkan konsumen.

Meski harga ikan mengalami kenaikan, diakui Umi, omset penjualan ikan masih cukup stabil seperti hari – hari biasa. Dalam sehari, sedikitnya 150 – 200 ekor ikan asap habis terjual.

Kenaikan harga ikan laut di pasar tradisional yang ada di Kabupaten Trenggalek ini diketahui memang belum berpengaruh besar terhadap permintaan konsumen.

“Meski rata – rata harga ikan laut segar maupun asap ini naik, namun tidak berpengaruh terhadap permintaan konsumen. Dan tidak semua konsumen yang mengeluhkan kenaikan harga ikan saat ini,” tutur Umi.

Dikonfirmasi terpisah, Ana salah satu konsumen mengungkapkan jika kenaikan harga ikan memang sudah menjadi kebiasaan.

“Jika pasokan dari nelayan menipis, harga ikan yang ada dipasaran tentu saja akan naik. Oleh karena itu, seberapa besar kenaikan harga, asalkan tidak begitu mencekik, saya kira itu sudah menjadi hal yang wajar,” katanya sambil tertawa.

Hanya saja, ia berharap agar kenaikan harga ikan tidak berlarut. Sehingga dampak dari sepinya hasil tangkapan tidak kembali dirasakan para nelayan. Dengan begitu, harga ikan laut akan kembali normal seperti hari – hari biasanya. (Ayu Mila Sari)

 

Check Also

MUSIM MUDIK LEBARAN 2018, PEMKAB TRENGGALEK FOKUSKAN 4 POTENSI KERAWANAN

WAGATABERITA.COM – TRENGGALEK. Pimpin Apel Gelar Pasukan menjelang perayaan lebaran tahun 2018, Pemerintah Kabupaten

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *