Selasa, 23 Oktober 2018, 3:52
Home / EKONOMI / MENKOP DAN UKM, SOSIALISASIKAN PROGRAM PEBIAYAAN EKSPORT MURAH
Menteri Koperasi Saat Meninjau UKM Di Probolinggo. Sumber Foto : Zulkiflie

MENKOP DAN UKM, SOSIALISASIKAN PROGRAM PEBIAYAAN EKSPORT MURAH

WAGATABERITA.COM – PROBOLINGGO. Menteri Koperasi dan UKM, Gede Ngurah Puspayoga, gencar merangkul pengelola UKM daerah. Salah satunya dengan mensosialisasikan program pembiayaan Eksport murah di sentra Furniture dan Handycraft di Kabupaten Probolinggo Jawa Timur, Sabtu (08/04/2017).

Pertumbuhan produk Eksport yang lamban, menjadi atensi terbesar menteri Koperasi dan UKM, di tahun ini. Memasuki Kwartal pertama tahun 2017, prosentase Eksport dari produk UKM baru mencapai 17%. Meski mengalami kenaikan 1 %, dalam periode yang sama dibandingkan tahun 2016, namun kisaran itu dinilai masih rendah, mengingat di Indonesia terdapat ribuan UKM dan kerajinan rumahan.

Seperti UKM milik Irianto, di Kelurahan Sumber Lele Kecamatan Kraksaan Kabupaten Probolinggo. Meski dirintis sejak 8 tahun lalu, namun UKM penghasil Furniture dan Handycraft berbahan limbah kayu bekas perahu itu, baru mampu menembus pasar Mancanegara setahun terakhir. Selain terkendala akses, mahalnya biaya eksport membuat pengelola UKM tersebut lebih memilih memasarkan produk ke pembeli lokal.

“UKM ini bisa tembus mancanegara, setelah kita pasarkan melalui pameran, dimana 75% produk bisa laku terjual. Sementara, strategi lainnya yakni dengan memanfaatkan IT, kita buka WEB,” ungkap Irianto, pemilik UKM.

Mengatasi masalah itu, Menteri Koperasi dan UKM, Gede Ngurah Puspayoga berjanji memberikan kemudahan. Pihaknya telah bekerja sama dengan Menteri keuangan mendirikan lembaga pembiayaan Eksport. Tujuannya, selain menekan Bea masuk bahan Import, juga untuk mempermudah Ekspor produk UKM.

“Kita ada program kemudahan impor tujuan ekspor, bagi UKM ke IKM, jadi impornya gratis biaya ekspornya juga gratis,” terang Gede.

Dalam kunjungan singkat itu, Menteri Koperasi dan UKM melepas 1 container produk furniture yang akan dieksport ke Amerika. Diharapkan, pemanfaatan lembaga pembiayaan eksport dapat memacu nilai pertumbuhan produk UKM dalam setahun mendatang. (Zulkiflie/Dir)

Check Also

BEGAL MOTOR T – O POLDA JATIM DITEMBAK

WAGATABERITA.COM – PROBOLINGGO. Pelaku begal motor Amin bin Nopokor (27), warga Desa Sumendi, Kecamatan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *