Kamis, 13 Desember 2018, 0:11
Home / SPORT / PELARI TIGA NEGARA ASING IKUT LOMBA LARI SURABAYA HALF MARATHON
Walikota Surabaya Tri Rismaharini Saat Membuka Surabaya Half Marathon 2017 Minggu (13/08). Sumber Foto : Syamsul Arifin

PELARI TIGA NEGARA ASING IKUT LOMBA LARI SURABAYA HALF MARATHON

WAGATABERITA.COM – SURABAYA. Pelari tiga negara asing ambil bagian pada Lomba lari Surabaya Half Marathon Minggu (13/08/2017).

Event yang dibuka Walikota Surabaya Tri Rismaharini itu disaksikan ribuan warga Surabaya. Meski terbilang masih pagi, terlihat warga tumpah ruah menyaksikan lomba  Surabaya Half Marathon 2017 ini.

Semua ruas jalan yang dilewati pelari dipenuhi warga. Kemacetan pun tidak bisa dihindari karena sejumlah ruas jalan yang menjadi lintasan pelari ditutup.Terutama jalan bagian tengah kota Surabaya yang  menjadi lintasan peserta lomba lari yang jumlahnya mencapai 3000 atlit. Mereka beradu cepat dalam event Surabaya Half Marathon 2017 yang juga merupakan rangkaian kegiatan memperingati HUT Kemerdekaan RI ke – 72.

Event yang berskala internasional ini terbagi dalam tiga kategori yakni kategori Half Marathon 21 kilometer (K), 10 K dan 5 K.
Peserta mengambil start dan finish di Grand City Mall, Surabaya.

Kabid Pengendalian dan Operasional Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Surabaya, Subagio Utomo mengatakan, Pemkot bersama Satlantas, siap mendukung pelaksanaan Surabaya Half Marathon 2017 untuk berjalan aman dan lancar. “Kami turunkan 75 personel melengkapi sarana dan prasarana pendukung seperti traffic zone,” katanya.

Sementara dari pihak Satlantas Polrestabes Surabaya menerjunkan 639 personel untuk melakukan pengaturan arus lalu lintas.

“Mereka disebar disemua titik atau simpul jalan yang dilewati pelari,” kata AKBP Adewira Negara Siregar, Kasatlantas Polrestabes Surabaya.

“Harapan saya, event ini aman, lancar dan tidak ada hambatan,” tandas Adewira.

Pengaturan penutupan jalan di tempat start dilakukan sejak pukul 04 : 30 WIB dan sudah disterilkan, terutama ruas jalan di sekitar Grand City Mall Surabaya yang merupakan tempat start dan finish.

Rute yang dilewati kategori 21 K yakni dari GC menuju arah Monkasel, Tugu Bambu Runcing, Taman Bungkul, berbelok ke depan Kebun Binatang Surabaya. Lalu menuju Jalan Adityawarman hingga depan gedung TVRI dan berputar balik ke Jalan Indra Giri, Raya Darmo hingga ke Tunjungan. Kemudian melintas Embong Malang, lalu ke Tugu Pahlawan, berbelok ke arah Siola, Grahadi, Balai Kota Surabaya dan kembali ke Grand City.

Untuk rute 10 K, dari Patung Kerapan Sapi akan berputar menuju Tunjungan lalu ke Jalan Embong Malang hingga Grand City lagi dan  kategori 5 K, dari Tunjungan akan langsung belok kiri kembali ke arah Grand City.

Semua rute yang dilewati atlit tersebut ditutup sementara waktu. Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Surabaya, Afghany Wardhana mengatakan, event ini menjadi momentum tepat untuk pembinaan atlet cabang olahraga atletik, utamanya lari.

Kata dia event ini diikuti 61 pelari luar negeri yang berpartisipasi. Diantaranya dari Kenya, Ethiopia, Amerika, Belgia.
(Syamsul Arifin/Halu)

Check Also

LAKSDA (P) YUHASTIHAR HADIRI PENGAJIAN DIKAMPUNG SENDIRI

WAGATABERITA.COM – SURABAYA. Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW yang dilaksanakan warga Jl.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *