Selasa, 23 Oktober 2018, 2:45
Home / EKONOMI / BISNIS / BISNIS PEMBUATAN IKAN SAPIT, RAUP KEUNTUNGAN JUTAAN RUPIAH
Salah Satu Hasil Tangan Sadeni Dalam Membuat Sapit Ikan. Sumber Foto : Ayu Mila Sari

BISNIS PEMBUATAN IKAN SAPIT, RAUP KEUNTUNGAN JUTAAN RUPIAH

WAGATABERITA.COM – TRENGGALEK. Seorang pengerajin sapit ikan yang ada di Trenggalek, raup keuntungan jutaan rupiah tiap bulan. Ini dimulai dari usaha pembuatan sapit ikan, kini Sadeni yang merupakan salah seorang petani ini, dari usaha membuat sapit ikan mampu hasilkan keuntungan ratusan ribu setiap hari.

Sadeni mempunyai ide menjadikan bambu – bambu disekitar rumahnya menjadi sebuah karya berupa sapit ikan dan tangga. Keterampilan dan keuletannya, jadilah sapit ikan yang berkualitas dan mampu bersaing dengan pengrajin mesin lainnya dari luar kota.

Menekuni usaha ini dalam sehari, Sadeni bisa menjual 100 – 1000 biji sapit. Keuntungan mencapai ratusan ribu per hari.

Bila musim ikan seperti sekarang ini, Sadeni sendiri kewalahan melayani permintaan sapit dari pelanggannya.

Proses pembuatan sapit ikan ini, dimulai dari menipiskan bambu yang selanjutnya dijemur hingga menjadi sebuah sapit yang siap untuk dipasarkan.

“Pelanggan sapit saya kebanyakan dari mereka para penjual ikan dari wilayah kecamatan di Trenggalek. Harapan saya ke depan lebih banyak lagi para penjual ikan yang tahu keberadaan saya yang notabennya berada di wilayah terpencil ini sehingga nantinya bisa menambah penghasilan saya sehari – hari,” ucap Sadeni saat dikonfirmasi, Minggu, (24/09/2017).

Sebelum dikenal masyarakat luas, Sadeni harus mengantarkan sendiri sapit-sapit tersebut kepada pembelinya. Namun seiring berkembangnya zaman, Sadeni dipermudah dengan adanya teknologi handphone yang dengan cepat bisa dihubungi setiap saat, sehingga sekarang pelanggan yang langsung datang ke rumahnya.

“Hasil pembuatan sapit Pak Sadeni ini sangat bagus, rapi serta harganya sangat terjangkau sekaligus sangat membantu kami untuk mencapiti ikan – ikan hasil tangkapan laut yang selanjutnya akan dipasarkan,” tutur salah seorang pembeli, Muslikah. (Ayu Mila Sari/Halu)

Check Also

TRENGGALEK RAIH PENYAJI TERBAIK FESTIVAL MAKANAN KHAS JATIM 2018

WAGATABERITA.COM – TRENGGALEK. Kemahiran Chef Andri Setya Waspada owner CW CATERING dalam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *