Jumat, 16 November 2018, 4:07
Home / HOTNEWS / 7 KECAMATAN DI TRENGGALEK DITERJANG LONGSOR DAN BANJIR
Joko Rusianto (Tengah) Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Trenggalek, Joko Rusianto. Sumber Foto : Ayu Mila Sari

7 KECAMATAN DI TRENGGALEK DITERJANG LONGSOR DAN BANJIR

WAGATABERITA.COM – TRENGGALEK. Cuaca buruk yang terjadi sejak beberapa hari terakhir mengakibatkan 7 Kecamatan di Kabupaten Trenggalek diterjang bencana alam. Seperti yang diketahui, letak geografis Kabupaten Trenggalek yang dikelilingi banyak pegunungan, membuat masyarakat harus rela menjadi korban bencana yang rutin terjadi setiap musim penghujan tiba.

Musim penghujan yang terjadi saat ini, mengakibatkan bencana alam baik tanah longsor maupun banjir terjadi di beberapa daerah di Kabupaten Trenggalek. Meski tidak sampai memakan korban jiwa, namun kerugian atas bencana alam ini ditafsir hingga ratusan juta rupiah.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Trenggalek mengungkapkan bahwa sedikitnya ada 5 Kecamatan di Kabupaten Trenggalek yang diterjang bencana tanah longsor, yakni Kecamatan Kampak, Dongko, Pule, Panggul dan Munjungan. “Untuk daerah yang menjadi korban tanah longsor ada di 5 Kecamatan diantaranya Kampak, Dongko, Pule, Panggul dan Munjungan. Sedangkan untuk bencana banjir, terjadi di Kecamatan Watulimo, Pogalan, Panggul dan juga Munjungan,” tutur Joko Rusianto, Selasa (17/10/2017).

Lanjut Joko, beberapa Kecamatan di Kabupaten Trenggalek saat ini memang dilanda bencana baik tanah longsor maupun banjir. Meski begitu, bencana alam yang paling parah terjadi di Kecamatan Munjungan.

“Selain letak Kecamatan Munjungan yang berada pada dataran tinggi, Kecamatan Munjungan juga memiliki aliran sungai yang cukup besar. Sehingga sangat memungkinkan jika dalam kondisi seperti saat ini, bencana banjir bisa sewaktu – waktu terjadi,” tegasnya.

Mengingat cuaca yang saat ini sering turun hujan, warga masyarakat dihimbau untuk selalu meningkatkan kewaspadaan terhadap segala kemungkinan terjadinya bencana.

Terlebih bagi warga yang tinggal di kawasan pegunungan atau di kawasan rawan bencana, sehingga kemungkinan terjadinya korban bencana bisa ditekan. (Ayu Mila Sari)

Check Also

BERSIHKAN MATERIAL LONGSOR, KAPOLRES TRENGGALEK PIMPIN KURVE

WAGATABERITA.COM – TRENGGALEK. Intensitas hujan yang cukup tinggi yang mengguyur Kota Keripik Tempe

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *