Jumat, 16 November 2018, 1:49
Home / SULAWESI TENGGARA / SEROJA MERAH GELAR BAKSOS DI TMP WATOPUTEH, PEMERINTAH BAKAL GELONTORKAN DANA PERBAIKAN
Usai Lakukan Baksos Bersih - Bersih, Seroja Merah Bersama Babinsa TNI Kodim 1416 Muna, Dinsos Muna Dan Karang Taruna Serta Tokoh Masyarakat Di Tugu TMP Watoputeh.

SEROJA MERAH GELAR BAKSOS DI TMP WATOPUTEH, PEMERINTAH BAKAL GELONTORKAN DANA PERBAIKAN

WAGATABERITA.COM – MUNA SULTRA. Kelompok pemuda masyarakat Watoputeh Kabupaten Muna Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), dengan mengatas namakan Komunitas mereka sebagai Sekelompok Remaja Merangkai Alam Hayat (Seroja Merah), yang dipimpin langsung oleh Ketuanya, Aswat Hanafi, sekira Pukul 07 : 00 WITA hingga Pukul 09 : 00 WITA, pada minggu (11/03/2018), menggelar kegiatan Bhakti sosial dengan melakukan bersih – bersih di Taman Makam Pahlawan (TMP) Watoputeh, Keluraha Watuputih Kecamatan Watoputeh.

Kegiatan Baksos tersebut, juga turut serta dilaksanakan bersama Babinsa Kodim 1416 Muna, tokoh masyarakat setempat dan Karangtaruna di kecamatan itu.

Aswat Hanafi dengan kegiatan Baksos itu kepada wartawan menjelaskan bahwa apa yang telah dilaksanakan hari ini di TMP Watoputeh adalah merupakan program kerja rutin Seroja Merah.

“Kegiatan ini kan kegiatan Bhakti Sosial. Dan ini akan menjadi kegitan agenda tahunan kami. Dan lembaga kami kam sudah memiliki badan hukum,” tuturnya.

Bukan hanya kegiatan seperti Baksos saat ini yang akan kami laksanakan, tambah Aswat pemuda yang dikenal dekat dengan alam mistis itu, namun tetapi kita juga Seroja Merah sudah melakukan beberapa hal dalam alam hayat ini yakni melakukan penataan tempat bersejarah seperti di Guung Harimau dan Gunung Lakokuli, karena disitu terdapat Makam tertua.

“Walau belum adanya perhatian dari Pemerintah, namun kami takan putus asah. Karena itu adalah menjadi tugas dan tanggung jawab kami sebagai masyarakat, sebagai warga negara, sebagai bangsa yang berbudaya, apalagi kami sebagai Pemuda yang sudah semestinya harus dan wajib berbhakti kepada Negeri ini dan kedepannya kita akan terus lakukan kegiatan – kegiatan yang baik buat Negeri ini khususnya di Kabupaten Muna Kecamatan Watoputeh,” terangnya seraya menambahkan siapalagi kalau bukan kita dan kapan lagi kita menjaga amanah leluhur kita kalau bukan saat ini.

Lanjutnya, bahwa kegiatan Baksos hari ini kami titikkan di TMP Watoputeh, karena TMP ini sudah mulai tidak terurus lagi oleh pemerintah dan sebagian bangunanya sudah mulai merusak.

“Bangsa yang besar adalah Bangsa yang menghargai Jasa para Pahlawannya. Seharusnya pemerintah membuka mata dengan melihat kondisi yang terjadi dilapangan, dari bangunan prasastinya, pagar, gedung tinggal tunggu robohnya saja. Pada hal di TMP ini banyak jasad pahlawan dimakamkan disini. Seperti Toeboloe yang di kenal dengan panggilan Pak Tobulu yang sering di sapa oleh orang orang tua, itu kan salah satu pejuang – pejuang Bangsa dulu,” Ucap Ongki Sapaan seharian Aswat Hanafi.

Ditempat yang sama Ketua Karang Taruna Sonewura Watoputeh, Mualim Mbaar, S.Pd terkait dengan kurangnya perhatian dari Pemerintah atas TMP Watoputeh itu mengatakan jika TMP ini adalah icon Kabupaten Muna yang sejak diresmikan pada tahun 1990 oleh Menteri Sosial Prof Dr Haryati Soebadio, hingga saat ini belum ada perhatian oleh Pemerintah daerah kabupaten Muna untuk melakukan renovasi bangunan bangunannya sudah hampir roboh.

“Pemerintah Daerah jangan tutup mata melihat kondisi TMP yang sangat memperhatikan ini. Paling tidak Pemerintah sudah bisa melakukan renovasi dengan bangunan – bangunan yang sudah hampir roboh. Ini rumah para pejuang pejuang kita terdahulu. Yang memerdekakan kita dari penjajah. Jadi haruslah di perhatikan dengan serius,” tegas Ketua Pemuda karang taruna watoputeh itu.

Seroja Merah Sedang Melakukan Bersih – Bersih.

Kasi kepahlawanan Keperintisan dan Kesetikawanan Sosial Dinas Sosial, Zulkarnain yang juga menyempatkan diri hadir dalam kegiatan Seroja Merah itu, atas nama pemerintah dirinya sangat mengapreseasi kegiatan Baksos yang dilakukan oleh Seroja Merah itu.

“Sebenarnya kegiatan ini Dinas Sosial yang harus melakukannya. Tetapi dengan hadirnya Komunitas ini kami sangat terbantu dan ini sangat kami apreseasi,” tukasnya.

Kata Zulkarnain yang juga adalah mantan Sekretaris Kelurahan Dana Kecamatan Watoputeh itu menanggapi permintaan Komunitas Seroja Merah dan Karang taruna harus adanya perhatian serius oleh pemerintah dengan TMP itu, dirinya menerangkan jika Pemerintah melalui Dinsos sudah mengusulkan anggaran pembangunan di TMP Watiouteh itu melalu APBN.

“Alhamdulilah di tahun 2018 ini kita sudah usulkan anggara 2,3 Milyar melalui APBN untuk memperbaiki bagunan – bangunan yang sudah mulai rapuh di TMP Watoputeh. Dan kita tinggal menunggu waktu, Melihat Kondisi TMP 100% rusak berat maka akan diperbaiki keseluruhanya, Insya Allah tahun ini juga,” terang mantan Sekretaris Lurah Dana itu.

Melihat kegiatan Baksos yang dilaksanakan oleh Seroja Merah dan Karang taruna Watoputeh itu, tokoh masyarakat serta masyarakat disekitar TMP Watoputeh sangat merespon positif. Dimana kegiatan Baksos itu adalah membabat rumput – rumput yang tumbuh liar dan membersihkan disekitaran makam makam para Pahlawan Pejuang terdahulu di Negeri ini. ( Zainal Arifin Suyoto)

Check Also

PARIPURNA PUTUSAN APBD-P MUBAR OLEH DPRD 4 JAM DITUNDA, KETUA PAN TIDAK HADIR

WAGATABERITA.COM – LAWORO MUBAR. Proses pengambilan keputusan Paripurna dua, Anggaran Pendapatan Belanja

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *