Jumat, 16 November 2018, 4:31
Home / FEMALE / FASHION / DEKRANAS PENTING LAKUKAN PEMBINAAN DAN PENGEMBANGAN BATIK TENUN GEDOG TUBAN

DEKRANAS PENTING LAKUKAN PEMBINAAN DAN PENGEMBANGAN BATIK TENUN GEDOG TUBAN

WAGATABERITA.COM – TUBAN. Ketua Umum Dekranas Hj. Mufidah Jusuf Kalla hadiri kegiatan Kementerian Koperasi dan UKM dengan Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) dan TP PKK di Pendopo Krido Manunggal Kabupaten Tuban, Kamis (03/05/2018).

Dalam kesempatannya Hj. Mufidah Jusuf Kalla mengatakan, pengembangan batik tenun gedog Tuban merupakan salah satu pelaksanaan program prioritas Dekranas. Program prioritas yang dimaksud adalah pengembangan tenun di enam daerah antara lain Tuban, Bangka Belitung, Donggala, Sintang, Sabu NTT, dan Kalimantan Timur.

Lebih lanjut disampaikannya, Dekranas menganggap sangat penting melakukan pembinaan dan pengembangan batik tenun gedog Tuban karena keunggulannya menggunakan bahan pewarna alam dan kekhasan motif.

Namun masih disayangkan pemanfaatan batik tenun gedog masih terbatas pada dekorasi interior. Untuk itu, berbagai pembinaan telah dilakukan Dekranas untuk peluasan pengunaan Batik Tenun Tuban.

Sebelum mengakhiri sambutan, Ketua Umum Dekranas itu menyampaikan, pihaknya akan selalu bersinergi dengan instansi, mitra – mitra, dan Dekranasda untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Tuban kembali menjadi kabupaten tempat sinergitas program antara Kementerian Koperasi dan UKM bersama Dekranas dalam pelatihan peningkatan SDM pengrajin. Ini setelah tahun lalu, Tuban juga menjadi kabupaten pertama di Indonesia sebagai lokasi sinergitas.

Berbagai bentuk sinergi program kegiatan Kementerian Koperasi dan UKM dengan Dekranas dan TP PKK antara lain sosialisasi kredit usaha rakyat, konsultasi dan pemberkasan hak cipta produk KUMKM, pelatihan kewirausahaan bagi GKN, pelatihan nilai dasar dan jati diri koperasi, pelatihan SDM KUMKM melalui SKKNI bidang UKM ekspor, pelatihan vokasional keterampilan teknis bagi SDM KUMKM, dan temu mitra KUMKM produk unggulan daerah. (Red)

Check Also

POLRES TUBAN TEMBAK MATI 6 TERORIS, SATU TERTANGKAP

WAGATABERITA.COM – TUBAN. Petugas gabungan dari Polres Tuban, Brigadir Mobil dan TNI menembak mati terduga teroris …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *