Rabu, 17 Juli 2019, 19:47
Home / NEWS / POLITIK / RATUSAN SURAT SUARA YANG RUSAK DIMUSNAHKAN

RATUSAN SURAT SUARA YANG RUSAK DIMUSNAHKAN

WAGATABERITA.COM – TRENGGALEK. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Trenggalek lakukan pemusnahan terhadap ratusan surat suara yang tak layak pakai atau rusak. Kondisi surat suara yang tidak dapat digunakan dalam pencoblosan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur ini diantaranya kusut dan gradasi warna yang tidak jelas.

Seperti yang terlihat dihalaman KPU Kabupaten Trenggalek, pemusnahan surat suara tak layak pakai tersebut dihadiri oleh pihak kepolisian, Panwas Kabupaten Trenggalek dan segenap anggota KPU setempat.

“Jadwal hari ini KPU Trenggalek melakukan pemusnahan surat suara yang masuk kategori rusak. Dari jumlah surat suara ada sekitar 54, 691 surat suara yang rusak,” ucap Ketua KPU Kabupaten Trenggalek, Suripto saat ditemui dikantornya, Rabu (27/06/2018).

Ia menegaskan bahwa total surat suara yang rusak akan dimusnahkan dengan cara di bakar. Pemusnahan surat suara tersebut dimaksudkan agar sisa dari pensortiran dan pendistribusian surat suara ke sejumlah TPS yang tersebar di Trenggalek tidak disalahgunakan.

“Memang tujuan dari pemusnahan sisa surat suara yang masih baik maupun rusak ini agar tidak terjadi miss komunikasi, sehingga yang nantinya dapat merugikan salah satu pasangan calon dari tangan oknum – oknum yang tak bertanggungjawab,” tandasnya.

Terkait dengan pelaksanaan Pilkada, masih lanjut Ripto begitu panggilan akrabnya, khususnya di Kabupaten Trenggalek sudah dilakukan monitoring disejumlah lokasi TPS. Peninjauan tersebut dilakukan guna pengecekan kelengkapan kebutuhan logistik Pilkada .

Monitoring ini dilakukan guna menyesuaikan jumlah surat suara dengan jumlah DPT tiap – tiap TPS.

Pihaknya berharap pelaksanaan Pilkada Jatim 2018 ini berjalan aman, lancar, tertib dan tidak ada gangguan dalam bentuk apapun.

“Kami berharap pula kepada seluruh petugas penyelenggara pemilu untuk melaksanakan tugas dengan sebaik – baiknya. Sehingga intregritas dari penyelenggaraan pesta demokrasi ini berjalan sebaik mungkin,” imbuhnya.

Perlu diketahui, bahwa dalam Pilkada Jatim tahun ini melibatkan 2 pasangan calon yang maju dalam persaingan demi menjadi pemimpin di Provinsi Jawa Timur. Kedua pasangan calon tersebut adalah Khofifah Indar Parawansa dengan Emil Dardak di nomor urut 1, dan Saifulloh Yusuf dengan Puti Guntur Soekarno di nomor urut 2. (Ayu Mila Sari)

Check Also

PRESIDEN KATAKAN SEMUA DIATUR KONSTITUSI SILAKAN LEWAT MEKANISME KALAU KEBERATAN

WAGATABERITA.COM – JAKARTA. Hasil pemilihan umum akan segera diumumkan