Selasa, 13 November 2018, 7:25
Home / NEWS / PEMKAB TRENGGALEK LAKUKAN SERTIFIKASI PARA PEMANDU WISATA
Kepala Dinas Pariwisata Dan Kebudayaan Kabupaten Trenggalek, Joko Irianto Memberikan Sambutan Dalam Kegiatan Sertifikasi Pemandu Wisata Di Hotel Jaaz.

PEMKAB TRENGGALEK LAKUKAN SERTIFIKASI PARA PEMANDU WISATA

WAGATABERITA.COM – TRENGGALEK. Pemerintah Kabupaten Trenggalek lakukan sertifikasi para pemandu wisata di Trenggalek. Sertifikasi ini ditujukan untuk meningkatkan kompetensi dan profesionalisme para pemandu wisata, sekaligus menyiapkan kesiapan sektor pariwisata di Trenggalek.

Memiliki beragam destinasi wisata, Pemerintah Kabupaten Trenggalek menempatkan sektor pariwisata sebagai pengungkit perekonomian daerah.

Menurut Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Ir. Joko Irianto, Trenggalek mempunyai banyak kawasan wisata yang beragam, mulai dari wisata alam seperti wisata pantai, gunung, goa, air terjun, wisata kuliner dan masih banyak yang lainnya.

“Keberadaan pemandu wisata menjadi sangatlah penting untuk menjadi daya tarik obyek wisata. Selain itu pemandu wisata merupakan ujung tombak dalam merepresentasikan obyek wisata sehingga perlu tidak hanya sekedar bisa, melainkan juga harus tersertifikasi dan mengantongi lisensi,” ucap Joko saat dikonfirmasi, Selasa (23/10/2018).

Lebih lanjut Joko mengungkapkan, dengan tour guide, wisatawan akan banyak mengetahui referensi obyek wisata dan mengenal lebih dalam, sehingga mendapatkan kesan mendalam.

Misalkan Goa Lowo, bila ada pemandu wisatanya orang mungkin bisa mengenal batu ini memiliki sifat seperti apa atau punya sejarah apa, sehingga membuat lebih menarik.

“Inilah pentingnya tour guide, apalagi bila kita sudah mengarah kepada wisatawan mancanegara yang tentunya harus didampingi dengan tour guide untuk memudahkan berkomunikasi dan mengenalkan obyek wisata,” imbuhnya.

Sertifikasi pemandu wisata ini akan digelar selama dua hari Oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Trenggalek. Dimulai tanggal 23 hingga 24 Oktober 2018 di Hotel Bukit Ja’as Permai Trenggalek.

“Akan ada 20 pemandu wisata dari berbagai destinasi wisata yang ada ikut ambil bagian dalam sertifikasi ini. Sedangkan untuk meningkatkan profesionalitas bagi para pelaku pariwisata ini Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Trenggalek juga mendatangkan para pelatih yang berkompeten,” pungkas Joko. (Mil)

Check Also

TANGGAPAN BIJAK CAK YUHAS MENGENAI DIKSI SONTOLOYO DAN GENDERUWO

WAGATABERITA.COM – SURABAYA. Tahun 2018 digolongkan menjadi tahun politik, saat ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *