Selasa, 11 Desember 2018, 7:07
Home / NEWS / BERSIH SUNGAI, GUGAH KESADARAN MASYARAKAT JAGA KEBERSIHAN LINGKUNGAN
Aksi Bersih Sungai Yang Dilakukan Oleh ASN Serta TNI/Polri.

BERSIH SUNGAI, GUGAH KESADARAN MASYARAKAT JAGA KEBERSIHAN LINGKUNGAN

WAGATABERITA.COM – TRENGGALEK. Lebih dari 400 orang yang terdiri dari ASN di lingkup Pemkab Trenggalek, TNI – POLRI dan beberapa elemen masyarakat lakukan aksi bersih – bersih sungai. Kegiatan yang terpusat di Buk Tumpang ini bertujuan untuk membersihkan tumpukan sampah, rumput maupun ilalang guna menghindari penyumbatan saluran.

Menurut Kepala Bakesbangpol Kabupaten Trenggalek, Widarsono, kegiatan ditujukan untuk menyukseskan program Gerakan Nasional Revolusi Mental.

Ada lima rencana aksi dalam gerakan ini yang meliputi Gerakan Indonesia Melayani, Gerakan Indonesia Tertib, Gerakan Indonesia Mandiri, Gerakan Indonesia Berani dan Gerakan Indonesia Bersih.

“Kegiatan yang kita lakukan hari ini merupakan salah rencana aksi gerakan Indonesia bersih di Kabupaten Trenggalek,” tutur Widarsono saat dikonfirmasi usai kegiatan, Sabtu (17/11/2018).

Selain itu, pihaknya juga ingin merubah mental masyarakat yang dulunya kurang menghargai kebersihan untuk berubah. Dan hari ini, melalui kegiatan ini, Pemerintah Daerah bersama stakeholder terkait dpaat memberikan contoh kepada masyarakat.

Berbagai elemen TNI – POLRI, berbagai elemen masyarakat termasuk LSM, berbagai unsur ASN kurang lebih ada 400 orang yang terlibat dalam aksi ini.

“Tidak hanya berhenti disini, besok Minggu, kita akan mencoba merubah wajah Buk Tumpang ini dengan melakukan pengecatan bantaran kali agar terkesan cantik dan indah. Apalagi saat ini kita menyambut Aditya,” imbuhnya.

Ditambahkan oleh Kepala Dinas PUPR Kabupaten Trenggalek, Mochammad Soleh, dalam kesempatan tersebut pihaknya akan membersihkan beberapa titik, meliputi saluran pengairan maupun saluran pembuangan.

“Tentunya memasuki musim penghujan kita perlu membersihkan sungai dari sumbatan sampah. Dengan bersih tentunya arus air akan lancar dan mengurangi resiko penumpukkan sampah di hilir sungai,” kata Soleh sapaan akrabnya.

Kepala Dinas PUPR ini menyayangkan masih minimnya kesadaran masyarakat untuk tidak membuang sampah di sungai. Padahal pihaknya bekerjasama dengan Dinas PKPLH, Kesbangpol tak henti – hentinya menyosialisasikan larangan pembuangan sampah di sungai, namun kelihatannya hal ini kurang di hiraukan.

“Sudah cukup banyak papan himbauan larangan kita pasang, sungai ini bukan tempat untuk membuang sampah, mari kita jaga bersama,” ajak Kadis PUPR ini.

“Kita harapkan dengan aksi ini, bisa mengubah mental masyarakat agar sadar menjaga kesehatan lingkungannya, salah satunya dengan tidak membuang sampah ke sungai,” pungkasnya. (Mil)

Check Also

LAKSDA (P) YUHASTIHAR, JELASKAN NAMANYA SAAT LAKUKAN TEMU WARGA

WAGATABERITA.COM – SURABAYA. Laksamana Muda Purn TNI AL Yuhastihar yang diberi amanah Partai PDIP

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *