Jumat, 18 Juni 2021, 12:17
Home / INTERNASIONAL / INFORMASI TERKINI INDIA YANG COVIDNYA MENINGKAT RATUSAN RIBU
Ilustrasi Covid

INFORMASI TERKINI INDIA YANG COVIDNYA MENINGKAT RATUSAN RIBU

WAGATABERITA.COM – INDIA. Gelombang kedua penularan covid – 19 di India melonjak ke rekor tertinggi harian dalam berapa waktu belakangan ini dimana saat ini kesulitan tempat tidur dan oksigen dialami rumah sakit di India khususnya terjadi di negara bagian Maharashtra di barat.

Rekor penularan covid – 19 di India berada pada peringkat kedua setelah Amerika Serikat dengan berbagai penyebab diantaranya muncul varian baru yang lebih agresif termasuk kondisi masyarakatnya yang kurang menerapkan protokol kesehatan termasuk dilakukannya ritual keagamaan yang di lakukan masyarakat India beberapa waktu lalu.

Walau telah memproduksi oksigen dengan kapasitas penuh selama beberapa hari belakangan ini tampak kekurangan oksigen masih terjadi di India sehingga Pemerintah melalui Kementerian Kesehatannya akan melakukan impor 50.000 metrik ton oksigen ke dalam negeri India.

Berbagai rumah sakit di negara bagian tetangga di Gujarat dan New Delhi di utara termasuk rumah sakit Pemerintah di kota industri Nagpur saat ini sedang berperang karena kebanjiran pasien saat ini, “situasinya mengerikan,” kata Avinash Gawande seorang pejabat di rumah sakit Pemerintah tersebut seperti dikutip laman reuters Kamis (13/05/2021).

Lanjut Avinash, “kami adalah rumah sakit dengan 900 tempat tidur, tetapi ada sekitar 60 pasien yang menunggu dan kami tidak memiliki tempat untuk mereka,” ungkapnya.

Begitu pula yang terjadi di Rumah Sakit Lok Nayak Jai Prakash Narayan (LNJP) di New Delhi rumah sakit memiliki fasilitas terbesar di negara itu banyak pasien positif covid – 19 dari balita berusia satu setengah tahun hingga lansia terus berdatangan kelayanan gawat darurat, “tahun lalu tak terjadi situasi seburuk itu, kali ini jumlahnya sangat tinggi dan meningkat sangat pesat, melaju sangat cepat, jadi situasinya benar – benar memprihatinkan,” ungkap Direktur Medis LNJP Suresh Kumar.

Dari data kementerian kesehatan India menunjukkan lonjakan rekor harian ketujuh dalam delapan hari terakhir terdapat 1.038 korban meninggal dengan kasus positif sebanyak 173.123. Walau termasuk penyuntik vaksin tertinggi nomor tiga dunia, India hanya mencakup sebagian kecil masyarakatnya yang berjumlah 1,4 miliar.

Dalam hal ini Pemerintah India memutuskan segera memperbanyak vaksin covid – 19 dengan mengimpor dari Rusia sementara di New Delhi saat ini pihak berwenang memerintahkan memberlakukan jam malam pada akhir pekan dengan membatasi pusat perbelanjaan, pusat kebugaran, restoran, dan beberapa pasar mingguan. (Red)

Check Also

UK PETRA BANGUN JAMBAN RUMAH WARGA EKS DOLLY

WAGATABERITA.COM – SURABAYA. Sanitasi merupakan salah satu yang dibutuhkan manusia guna membuat kualitas hidup menjadi