Jumat, 18 Juni 2021, 13:46
Home / INTERNASIONAL / ATURAN BARU AS BAGI YANG SUDAH VAKSIN TAK PERLU MASKER
Ilustrasi Vaksin

ATURAN BARU AS BAGI YANG SUDAH VAKSIN TAK PERLU MASKER

WAGATABERITA.COM – AMERICA SERIKAT. Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) America Serikat hari ini Kamis (13/05/2021) mengeluarkan pedoman pernyataan bagi masyarakatnya yang telah melakukan vaksinasi penuh boleh tidak memakai masker bila di luar ruangan termasuk beberapa tempat di dalam ruangan yang mulai berencana memasuki masa kehidupan normal.

Pedoman tersebut diharapkan akan mendorong lebih banyak orang America untuk melakukan vaksin dan pengambilan keputusan pedoman tersebut dilakukan karena terjadi penurunan tajam kasus covid juga pemberian vaksin terus diperluas termasuk bagi orang muda juga manjurnya vaksin terhadap varian virus corona.

Seperti dilansir dari laman reuters, Jumat (14/05/2021) Presiden America Joe Biden muncul di Gedung Putih memberikan sambutan tanpa menggunakan masker dan tak menggunakannya selama melakukan pertemuan dengan anggota parlemen, Senator Republik Shelly Moore Capito bahkan meminta beberapa jurnalis di Gedung Putih untuk melepas masker mereka.

Kritikan datang bertubi – tubi pada CDC yang saat itu masih tetap memberlakukan protokol kesehatan ketat walau bagi mereka yang telah melakukan vaksin termasuk kritik dari pejabat kesehatan masyarakat, “dalam beberapa minggu terakhir, kami telah melihat data tambahan untuk menunjukkan vaksin ini bekerja di dunia nyata, mereka sesuai dengan variannya, dan orang yang divaksinasi cenderung tidak menularkan virus,” rilis badan itu.

“Kami perlu waktu untuk meninjau seluruh bukti agar dapat mengeluarkan pedoman tersebut dan memutuskan hal tersebut dan dengan cara itu kami mengambil keputusan ini,” tambahan dalam isi rilis.

Langkah besar yang dilakukan merevisi pedoman tersebut bertujuan mengembalikan pada kehidupan pra pandemi tetapi tetap dihimbau bagi orang yang divaksinasi tetap memakai masker pada saat berada di pesawat, kereta api, di bandara, pusat transit, angkutan massal dan tempat seperti rumah sakit dan tempat kesehatan lainnya.

Tetapi belum semua lokasi melaksanakan pedoman baru tersebut dan sebagian dari mereka akan terus menerapkan protokol kesehatan ketat karena masih khawatir pada paparan virus yang dapat terjadi pada karyawan mereka terutama terpapar dari mereka yang belum melakukan vaksin tetapi menolak menggunakan masker dan menolak melaksanakan protokol kesehatan.

Dijelaskan Pemerintah AS bulan lalu masih memperpanjang persyaratan penggunaan masker saat akan menggunakan transportasi umum hingga 13 September mendatang tetapi diakhir bulan April ini CDC mengeluarkan pedoman bagi mereka yang telah melakukan vaksinasi penuh dapat dengan aman melakukan aktivitas luar ruangan seperti berjalan kaki dan hiking tanpa masker, tetapi tetap bermasker bila berada di ruang publik tetapi bagi mereka yang terganggu kesehatannya harus berkonsultasi dengan dokter sebelum melepaskan masker, dan mereka yang belum divaksinasi harus terus memakai masker.

Check Also

VAKSIN JATIM LANSIA DAN GURU BELUM CAPAI TARGET

WAGATABERITA.COM – SURABAYA. Vaksinasi bagi lansia di Jawa Timur masih mencapai