Rabu, 26 Juni 2019, 5:28
Home / INTERNASIONAL / JEPANG CIPTAKAN KERETA TERCEPAT MENGALAHKAN KERETA CHINA
Kereta tercepat Jepang yang akan mengalahkan kereta tercepat China

JEPANG CIPTAKAN KERETA TERCEPAT MENGALAHKAN KERETA CHINA

WAGATABERITA.COM – JEPANG. Diketahui dulu Jepang digelar pemilik kereta api tercepat didunia yang akhir tergeser ke China yang mendapat gelar tersebut hingga saat ini.

Namun sepertinya Jepang berencana untuk merebut kembali gelar mahkota tersebut dengan menciptakan kereta peluru baruyang untuk antar kota dengan waktu perjalanan yang menyaingi jet penumpang.

Perusahaan kereta api JR East yang akan meresmikan kereta Alfa – X untuk mengangkut penumpang dengan kecepatan hingga 224 mil per jam mengalahkan kereta peluru Jepang yang termasuk kereta layanan komersial dengan selisih 25 mil per jam.

Alfa – X diperkirakan akan beroperasi pada tahun 2030, dengan kecepatan itu perjalanan 680 mil antara Tokyo dan Sapporo kota terbesar di Hokkaido utara hanya membutuhkan waktu kurang dari empat jam lebih cepat hampir setengahnya dari perjalanan saat ini.

Alfa-X akan diuji selama tiga tahun ke depan dengan kecepatan hingga 249 mil per jam antara kota Amori dan Sendai tetapi hanya pada malam hari, ketika kereta reguler tidak berjalan, menurut pernyataan dari JR East.

Dengan biaya $ 91 juta yang memiliki 10 tenaga mesin yang digerakkan oleh motor listrik yang kuat dan mengambil kekuatan mereka dari kabel overhead. Alfa – X juga dilengkapi dengan “pelat drag” aerodinamis untuk pengereman udara darurat pada kecepatan tinggi, serta rem elektromagnetik pada roda, sistem suspensi baru yang dirancang untuk membuatnya stabil jika ada gempa bumi, dan kokpit ultra modern untuk pengemudi juga dilengkapi di Kereta ini.

“Kami ingin meningkatkan tidak hanya kecepatan, tetapi juga keselamatan dan kenyamanan,” kata pemimpin proyek Ichiro Ogawa selaku kepala penelitian dan pengembangan untuk JR East seperti dikutip nbc Sabtu (18/05/2019).

Chris Jackson, pemimpin redaksi Railway Gazette International, yang berbasis di London mengatakan JR East ingin meningkatkan kecepatan kereta menjadi 224 mil per jam untuk menyaingi pesaingnya yang saat ini di pegang Cina, dengan kecepatan hingga 217 mil per jam, jelasnya. (Red/*)

Check Also

LAGI PULUHAN IMIGRAN TENGGELAM DI LAUT MEDITERANIA

WAGATABERITA.COM – TUNISIA. Imigran asal Libya yang diketahui meninggalkan negaranya