Senin, 26 Agustus 2019, 17:25
Home / JAKARTA / KEBERANIAN JK MELEBIHI TNI POLRI UJAR TITO KARNAVIAN

KEBERANIAN JK MELEBIHI TNI POLRI UJAR TITO KARNAVIAN

WAGATABERITA.COM – JAKARTA. Kepala Kepolisian Republik Indonesia Jenderal Tito Karnavian mengaitkan peran utama Jusuf Kalla atau JK ketika konflik di Ambon dan Poso pecah beberapa tahun yang lalu. Kepada Calon Pejabat Muda (Capaja) di Markas Besar TNI Cilangkap, Jakarta Timur, Tito memuji ketegasan JK dalam menyelesaikan konflik.

Dia memberi contoh ketika konflik Poso meletus pada 2007. Saat itu, Tito masih menjadi kepala satuan tugas (Kasatgas) di sana. Tito mengatakan JK, yang saat itu wakil presiden untuk Susilo Bambang Yudhoyono, mampu menengahi antara kedua belah pihak dalam konflik.

“Dengan keteguhan dan keberanian, dia mengumpulkan kedua pihak dalam konflik. Jadi perjanjian Malino satu dan Malino diadakan di Sulawesi Selatan,” kata Tito dalam sebuah acara yang diadakan di Markas Besar TNI, Cilangkap, Jakarta, Senin, (15/07/2019).

Padahal, kata Tito, langkah JK bukannya tanpa risiko. Banyak pihak tidak setuju dengan perjanjian damai. Bahkan sebagai hasil dari perjanjian itu, dua gedung JK di Makassar diledakkan.

“Saya kebetulan menjadi pemimpin tim investigasi. Jadi salah satu alasan pelaku adalah karena perjanjian damai,” kata Tito.

Tidak hanya itu, Tito juga mengatakan bahwa JK terus mendukung ketika konflik pemadam kebakaran meletus di Poso pada tahun yang sama. Korban dari kedua belah pihak jatuh. Tito mengatakan bahwa JK siap membela TNI – Polri dalam hal itu. “Di negara ini tidak boleh ada unsur lain yang memiliki senjata selain TNI dan Polri,” kenang Tito dalam pertemuan itu.

Setelah perdamaian, JK juga melanjutkan upaya rekonsiliasi dengan menyatukan umat Islam dan Kristen di Poso. Ia membangun sekolah Alkitab dan pondok pesantren untuk mencegah tumbuhnya radikalisme.

“Jadi kita melihat bagaimana keberanian (JK) pergi ke lapangan, keberanian untuk memutuskan dan yang lainnya, sebenarnya melebihi keberanian tentara dan polisi umum,” kata Tito.

Dia juga berharap bahwa Capaja dapat meniru dan menjadikan sikap JK sebagai panutan mereka. Selain itu, Tito menekankan bahwa Capaja adalah masa depan bagi TNI dan Polri.(*)

Check Also

PMK JUGA LAKUKAN INI

WAGATABERITA.COM – SURABAYA. Nyunsepnya sebuah sepeda motor gerobak beroda 3 ke sungai terjadi pagi ini, …