Minggu, 8 Desember 2019, 17:24
Home / JAKARTA / RAPAT PERTAMA DPR RI DUKUNG KEPEMIMPINAN MENTERI BINTANG DAN DUKUNG RUU PKS SEGERA DITINDAK LANJUTI
Rapat Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), Bintang Puspayoga dengan Komisi VIII DPR RI.

RAPAT PERTAMA DPR RI DUKUNG KEPEMIMPINAN MENTERI BINTANG DAN DUKUNG RUU PKS SEGERA DITINDAK LANJUTI

WAGATABERITA.COM – JAKARTA. Rapat pertama Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), Bintang Puspayoga didampingi Sekretaris Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA) dan jajaran Eselon 1 dengan Komisi VIII DPR RI di laksanakan di Jakarta, Rabu (13/11/2019).

Ketua Komisi VIII DPR RI, Yandri Susanto membuka rapat menyoroti evaluasi dan rencana realisasi program PPPA, rencana tindak lanjut Rancangan Undang – Undang Penghapusan Kekerasan Seksual (RUU PKS), dan isu – isu terkini tentang perempuan dan anak, “Kita tidak hanya bicara besar kecil anggaran, tapi kinerja yang terukur dan tepat sasaran. Dalam hal pembangunan PPPA ke depan, DPR RI siap bergandengan tangan,” ujarnya.

Yandri mengatakan pihaknya mendukung RUU PKS dibahas kembali dan meminta Pemerintah untuk merespon, hal ini juga diikuti mayoritas anggota Komisi VIII yang hadir, “Kami di Komisi VIII sudah mengusulkan kepada Badan Legislasi (Baleg) bahwa RUU PKS yang merupakan take over dari periode sebelumnya kita masukkan kembali dalam prolegnas usulan Komisi VIII. Jangan khawatir, kita punya komitmen yang sama untuk RUU PKS,” jelas Ace Hasan Syadzily, Wakil Ketua Komisi VIII.

Apresiasi besar Menteri Bintang atas perhatian Komisi VIII DPR RI memperjuangkan RUU PKS dan masalah perempuan dan anak, “Kami akan menindak lanjuti RUU PKS setelah draft tersebut dikirimkan oleh Baleg DPR RI. Pembahasan tidak akan mengulang kembali, justru kami akan mengkaji hingga menemukan persepsi yang sama, agar tidak rancu dan tidak bias,” katanya.

Rapat DPR RI Komisi VIII dengan Kemen PPPA.

Sejumlah tantangan seperti rendahnya Tingkat Partisipasi Angkatan Kerja (TPAK) perempuan, peran keluarga dalam pengasuhan anak, tingginya kekerasan terhadap perempuan dan anak, pekerja anak, serta tingginya perkawinan anak. Menteri Bintang menegaskan hal ini akan menjadi priroitas utama.

“Saya akan lebih banyak konsolidasi untuk mempelajari apa yang ada di kementerian, sehingga ke depan saya bisa membangun pondasi yang kuat terkait arah kebijakan, tentunya dengan tidak terlepas dari dukungan Komisi VIII. Kami berharap Komisi VIII betul – betul menjadi mitra terbaik Pemerintah untuk memberdayakan perempuan dan melindungi anak,” jelasnya.

Optimisme dan besarnya harapan mereka bagi pembangunan PPPA di bawah pimpinan Menteri Bintang Puspayoga disampaikan juga sejumlah anggota Komisi VIII DPR RI. (Red)

Check Also

PERINGATAN HDI KEMEN PPPA TEKANKAN ANAK DISABILITAS PUNYA HAK PERAWATAN DAN PENGASUHAN YANG BAIK

WAGATABERITA.COM – BANDUNG. Deputi Perlindungan Anak Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan