Minggu, 8 Desember 2019, 17:24
Home / MADURA / DPRD DUKUNG KHOFIFAH 2020 SELURUH JATIM BERLISTRIK
Gubernur Khofifah Hadir bersama Ketua Komisi D DPRD Jatim Kuswanto pada acara peresmian PLTD dan PLTA di Kangean Sumenep

DPRD DUKUNG KHOFIFAH 2020 SELURUH JATIM BERLISTRIK

WAGATABERITA.COM – KANGEAN. Peresmian Pembangkitan Listrik Tenaga Diesel (PLTD) Kepulauan Raas dan 8 Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) di Kepulauan Sumenep yang diselenggarakan di PLTD Kangean, Desa Bilis – Bilis, Kecamatan Arjasa, Kabupaten Sumenep, Sabtu (30/11/2019) siang.

Hadir pada kegiatan Ketua Komisi D DPRD Jatim Kuswanto bersama Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa, Kepala Dinas ESDM Provinsi Jatim Setiajit, Direktur Bisnis Regional Jawa Bagian Timur Bali dan Nusa Tenggara Supangkat Iwan Santoso, General Manager PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jatim Bob Saril dan Bupati Sumenep Busyro Karim.

Dalam hal ini DPRD Provinsi Jatim mendukung penuh langkah Gubernur Jatim melakukan gerak cepat melepaskan kegelapan di beberapa wilayah di Jawa Timur yang masih belum teraliri listrik, “Tahun 2020 Jawa Timur lepas dari kegelapan,” ujar Ketua Komisi D DPRD Jatim Kuswanto.

Jika Gubernur Jatim Khofifah secara berkala melakukan kunjungan kerja dengan semua komisi sesuai bidangnya, maka Insyaallah percepatan pembangunan dan penanganan masalah di masyarakat segera tuntas dan cepat teratasi, “karena kita dapat sama – sama secara langsung mendiskusikan setiap solusi dari permasalahan tersebut,” jelas Kuswanto.

Diketahui 8 PLTS yang dibangun di Kepulauan Sumenep diantaranya PLTS Pulau Pegurungan Kecil untuk 2.280 KK, PLTS Pulau Tonduk (1.883 KK),  PLTS Pulau Paliyat (1.018 KK), PLTS Pulau Sabunten (980 KK), PLTS Pulau Saubi (1.257 KK), PLTS Pulau Goa – Goa (1.854 KK), PLTS Pulau Sakala (799 KK), dan PLTS Pulau Masakambing (363 KK) yang operasional dikelola oleh PLN, sehingga pelayanan dan standart tarif lebih terjamin.

Gubernur Khofifah melakukan peresmian PLTD dan PLTS di Kangean Sumenep bersama Ketua Komisi D DPRD Jatim Kuswanto.

Adapun beberapa wilayah di Jatim yang baru teraliri listrik antara lain Kabupaten Sumenep baru teraliri listrik sebesar 64.99 %, Kabupaten Sampang 74.03 %, Kabupaten Bondowoso 79.59 %, Kabupaten Pamekasan 80.49 %, Kabupaten Probolinggo 82.51 %, serta Kabupaten Situbondo 84.27 %, yang merupakan tekad Komisi D DPRD Provinsi Jatim untuk mendorong secara penuh pemanfaatan listriknya 100 % oleh masyarakat.

“Karena listrik merupakan kebutuhan dasar masyarakat dan dapat mengungkit usaha rumahan atau UMKM. Yang pada akhirnya mendorong pertumbuhan perekonomian Jawa Timur,” ungkapnya.

Demi meningkatkan perekonomian masyarakat di wilayah kepulauan dirinya bangga dan puas atas kunjungannya, “berikutnya tinggal memonitor secara berkala tahapan yang dicapai,” tutup Kuswanto. (Red)

Check Also

PERINGATAN HDI KEMEN PPPA TEKANKAN ANAK DISABILITAS PUNYA HAK PERAWATAN DAN PENGASUHAN YANG BAIK

WAGATABERITA.COM – BANDUNG. Deputi Perlindungan Anak Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan