Senin, 24 Februari 2020, 22:02
Home / KESEHATAN / ANTISIPASI CEPAT VIRUS CORONA TAK MEWABAH KHOFIFAH PANTAU ALAT UKUR SUHU DI BANDARA
Gubernur Khofifah saat tinjau alat ukur suhu tubuh di bandara Juanda.

ANTISIPASI CEPAT VIRUS CORONA TAK MEWABAH KHOFIFAH PANTAU ALAT UKUR SUHU DI BANDARA

WAGATABERITA.COM – SURABAYA. Virus Corona yang sedang mewabah diberbagai negara khususnya China membuat Pemerintah Jawa Timur melakukan antisipasi dan peningkatan kewaspadaan terhadap masuknya Virus tersebut sehingga Gubernur Khofifah Indar Parawansa memastikan dengan mengecek langsung fungsi alat ukur suhu tubuh (Thermal Scanner) di Bandara T2 Juanda Surabaya, Jumat (24/01/2020).

Sebagai tindak lanjut edaran Menteri Kesehatan RI pada 5 Januari meminta agar Dinkes di seluruh Provinsi dan daerah untuk antisipasi dan meningkatkan kewaspadaan terhadap masuknya Virus Corona ke Indonesia, “saya ingin memastikan siapapun yang ada di Jawa Timur, Insha Alloh kita semua melakukan proteksi dengan baik dan menyiapkan RS isolasi. Mudah – mudahan bisa dilakukan perlindungan dengan baik, sehingga siapapun yang berada di Jawa Timur, mereka bisa aman,” ujar Khofifah

Diketahui Thermal Scanner di bandara adalah alat yang mampu mendeteksi suhu tubuh manusia yang telah dibuat secara friendly sehingga tidak mengganggu penumpang di bandara dan pelabuhan. Bila ditemukan penumpang dengan suhu tubuh di atas 38 derajat Celcius maka akan diisolasi sementara di bandara yang selanjutnya dicek lebih lanjut dan isolasi di RS Soetomo Surabaya, RS Syaiful Anwar Malang, dan RS Soedono Madiun.

Dalam hal ini kordinasi dengan pihak terkait yaitu Kantor Kesehatan Pelabuhan dan Bandara untuk memperketat pengawasan terutama asal China, “untuk cegah virus corona masuk Jatim, kita pasang alat deteksi suhu tubuh di Juanda dan Tanjung Perak serta ada petugas yang berjaga, Dinkes Provinsi juga berkoordinasi dengan Kantor Kesehatan Pelabuhan dan Bandara,” tambah Khofifah.

Menurut Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP), M Budi Hidayat telah terpasang 4 alat Thermal Scanner yang dipasang di Bandara Juanda T1, T2, Pelabuhan Tanjung Perak, dan Pelabuhan Probolinggo yang merekam semua penumpang yang memasuki bandara dan pelabuhan utamanya dari luar negeri, penumpang juga diminta mengisi Kartu kewaspadaan kesehatan dengan harapan andai pada masa inkubasi 2 hari terjadi demam maka boleh mereport untuk penanganan tindak lanjut.

Untuk diketahui Virus Corona yang mewabah di Wuhan China telah menelan korban jiwa sebanyak 17 orang.

Check Also

BERI SENSASI PADA PENGGEMAR BOLA KADIS KOMINFO JATIM GELAR NOBAR PERTANDINGAN PERSEBAYA

WAGATABERITA.COM – SURABAYA. Nonton bareng (nobar) pertandingan final sepakbola