Kamis, 2 Desember 2021, 23:51
Home / JAKARTA / ENAM KASUS COVID B117 MASUK INDONESIA EFEKTIFKAH VAKSIN INI PENJELASAN
Simulasi Vaksin Covid - 19 di Jatim. (Dokumen)

ENAM KASUS COVID B117 MASUK INDONESIA EFEKTIFKAH VAKSIN INI PENJELASAN

WAGATABERITA. COM – JAKARTA. Diketahui mutasi virus covid – 19 masih terjadi hingga saat ini. Terakhir mutasi covid – 19 yang dikenal lebih cepat menular adalah virus Inggris atau juga dikenal virus B 117.

Mengatasi penyebaran covid – 19 berbagai negara termasuk Indonesia telah melakukan berbagai cara salah satunya melakukan vaksin pada masyarakat.

Dalam hal ini dr Siti Nadia Tarmidzi, M.Epid sebagai juru bicara vaksinasi covid – 19 Kementerian Kesehatan menegaskan bahwa vaksin yang saat ini digunakan tetap efektif terhadap mutasi virus covid yang baru.

Dijelaskan vaksin yang telah diproduksi dan telah digunakan di berbagai belahan dunia belum terdapat penelitian atau bukti ilmiah tidak mampu melindungi kita dari virus varian baru ini dan masih sangat efektif digunakan.

Sementara empat kasus baru konfirmasi mutasi virus covid – 19 B117, dr Nadia menyampaikan, ”kami sampaikan kembali keempat kasus dengan varian B117 ini saat ini sudah sembuh. Mereka sudah menjalani pengobatan dan tatalaksana, semuanya mengalami gejala ringan dan sedang dan hanya melakukan isolasi secara terpusat di tempat -tempat isolasi dan memang ada yang dirawat di rumah sakit tapi dengan kondisi yang ringan sedang,” katanya seperti dikutip laman Kemenkes RI Selasa (09/03/2021).

Hingga kini dijelaskan telah enam kasus konfirmasi positif covid – 19 B 117 dimana dua kasus positifnya merupakan pelaku perjalanan luar negeri, ”adapun keempat varian virus B117 ini ditemukan di 4 Provinsi yaitu di Sumatera Utara Sumatera Selatan Kalimantan Timur dan Kalimantan Selatan,” ungkapnya.

Masyarakat dihimbau semakin waspada dan terus menerapkan disiplin protokol kesehatan dengan adanya penambahan covid varian baru ini yakni dengan memakai masker menjaga jarak mencuci tangan termasuk mengurangi mobilitas dan menghindari keramaian. (Red)

Check Also

APRESIASI CAMAT SUKODONO KE MAHASISWA UNKAR

WAGATABERITA.COM – SIDOARJO. Covid – 19 masih terus membuat korban. Diketahui