Rabu, 2 Desember 2020, 3:35
Home / NEWS / GUNA LINDUNGI NELAYAN KECIL AGATHA SIAP MENGAWAL PETAMBAK BILA HARUS PROTES REVISI UU KE MK
Anggota DPRD Jatim Agatha.

GUNA LINDUNGI NELAYAN KECIL AGATHA SIAP MENGAWAL PETAMBAK BILA HARUS PROTES REVISI UU KE MK

WAGATABERITA.COM – SURABAYA. Kasus pemanggilan Polisi yang dihadapi para petani petambak masih menjadi perhatian dan terus dipantau oleh anggota DPRD Provinsi Jatim bahkan termasuk jadi perhatian Komisioner Komnas Ham. Jumat (24/07/2020).

Dengan tujuan mengupas lebih dalam penyelesaian masalah ini para petani petambak melakukan pertemuan secara virtual bersama anggota DPRD Jatim komisi B Agatha dan Komisioner Komnas Ham Beka Ulang Hapsara bersama puluhan petani petambak asal berbagai daetah di Jatim.

Pembicara dipihak petani petambak diwakili Rifai selaku pengurus Aliansi Petani Indonesia (API) dan Mas’ud ketua Aliansi Lamongan Petani Tambak Pantai Utara (ALPATARA) yang keduanya termasuk petani petambak yang mendapat surat panggilan dari Kepolisian Daerah (Polda) Jatim dengan tuduhan dugaan tak memiliki izin pertambakan dan penggunaan air laut.

Pada kesempatannya Agatha mengatakan, “memang kasus yang kita pantau sudah ada solusi tapi menurut saya kita tak bisa berhenti di satu kasus ini, jadi kalau teman – teman API kemudian menemukan pertentangan dalam kebijakan maka kita harus melakukan advokasi dilevel kebijakan,” katanya.

“Kalau itu benturannya di Undang – Undang kita bisa meminta bantuan teman – teman LBH untuk membantu melakukan protes hingga ke Mahkamah Konstitusi untuk melakukan revisi, kita bisa melakukan perbandingan hukum antara Undang – Undang Perlindungan Nelayan dengan Undang – Undang sumber daya air,” jelas Agatha.

Agatha menambahkan, “kita mungkin bisa mengadvokasi teman – teman yang kenal dengan kawan – kawan API tapi kalau yang lainnya yang tidak kenal dengan API bagaimana nasibnya, kita tak bisa memikirkan diri kita sendiri tapi harus memikirkan semua, nah saya sebagai DPRD siap ikut mengawal itu hingga bila perlu melakukan revisi Undang – Undang,” ungkapnya. (Juliman)

Check Also

TREND MEMBAIK PRESIDEN MINTA STRATEGI GAS DAN REM PENANGANAN COVID TAK KENDOR

WAGATABERITA.COM – JAKARTA. Rapat Terbatas Laporan Komite Penanganan covid –