Kamis, 3 Desember 2020, 14:53
Home / KESEHATAN / BERIKUT DAFTAR ZONA KUNING DAN ORANGE DI WILAYAH JATIM
Peta zonasi covid - 19 di Jawa Timur.

BERIKUT DAFTAR ZONA KUNING DAN ORANGE DI WILAYAH JATIM

WAGATABERITA. COM – SURABAYA. Satuan Gugus Covid Nasional telah menetapkan separuh dari Kabupaten/Kota di Provinsi Jawa Timur telah berstatus zona kuning berdasarkan hitungan epidemiologis dengan 15 indikator meliputi kenaikan kasus, jumlah tes, tingkat kesembuhan, jumlah kematian hingga kapasitas rumah sakit, Selasa (20/10/2020).

Dalam hal ini Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa mengatakan, “sejak dimulai operasi yustisi tanggal 14 September 2020 tercatat 2.040.742 teguran. Teguran lisan sebanyak 1.613.218 kali. Sementara teguran tertulis sebanyak 427.461 kali,” ungkapnya di Kantor Gubernur Jatim.

Ditambahkan Pemprov Jatim bersama Forkopimda selama dua pekan terakhir cukup masif dalam melakukan intervensi terutama operasi Yustisi maupun testing sampel PCR.

Operasi Yustisi yang digencarkan dua pekan dilakukan di 65.147 titik memberikan sanksi teguran pada pelanggar sebanyak 696.570 orang termsuk melakukan hukuman sosial baru sebanyak 99.711 orang dan denda kepada 11.313 orang.

Dijelaskan pada operasi Yustisi minggu sebelumnya angka yang diperoleh operasi kali ini naik dua kali lipat sementara test PCR yang dilakukan dalam dua minggu ini mencapai 53.425 test yang dilakukan 66 Lab dan RS di Jatim, “strategi ini cukup ampuh menekan peningkatan jumlah kasus baru covid – 19 di Jatim,” jelas Khofifah.

Tetapi pesan Khofifah arti zona kuning tak menggambarkan covid – 19 telah usai, ini hanya merupakan bukti upaya masyarakat dan Pemerintah, TNI, Polri termasuk tenaga kesehatan di Jatim telah menunjukkan progress yang nyata.

Masyarakat diwajibkan tetap patuh pada protokol kesehatan karena saat ini Pemerintah terus meningkatkan kapasitas 3T yaitu testing, tracing dan treatment.

Berikut daftar wilayah zona Orange di 19 Kabupaten/Kota Jatim :

Blitar, Kota Pasuruan, Kota Surabaya, Lumajang, Jember, Probolinggo, Kota Mojokerto, Bondowoso, Jombang, Kota Kediri, Sumenep, Banyuwangi, Ngawi, Gresik, Kota Malang, Kota Batu, Kota Probolinggo, Sidoarjo, Mojokerto

Dan berikut yang memasuki zona Kuning dengan jumlah yang sama yakni 19 Kabupaten/Kota

Pacitan, Kota Blitar, Tuban, Situbondo, Kediri, Ponorogo, Madiun, Pasuruan, Magetan, Bangkalan, Malang, Kota Madiun, Lamongan, Sampang, Pamekasan, Trenggalek, Tulungagung, Nganjuk, Bojonegoro. (Red)

Check Also

WUJUDKAN PILKADA DAMAI KHOFIFAH BERSAMA FORKOPIMDA JATIM ADAKAN KHOTMIL QURAN

WAGATABERITA.COM – SURABAYA. Pilkada serentak akan diadakan 09 Desember 2020