Senin, 25 Januari 2021, 11:59
Home / JAKARTA / DUKUNG PENEGAK HUKUM PRESIDEN PERINTAH LAKUKAN INI BAGI PARA PELANGGAR
Presiden Jokowi.

DUKUNG PENEGAK HUKUM PRESIDEN PERINTAH LAKUKAN INI BAGI PARA PELANGGAR

WAGATABERITA.COM – JAKARTA. Tewasnya 4 orang warga Sigi dan 6 orang anggota Front Pembela Islam (FPI) belakangan ini sangat menjadi perhatian masyarakat tak terkecuali Presiden Joko Widodo. Menaggapi hal tersebut Jokowi menyampaikan Indonesia merupakan negara hukum yang harus dipatuhi dan ditegakkan untuk melindungi kepentingan masyarakat, bangsa, dan negara.

Ditegaskannya, “saya tegaskan bahwa Indonesia adalah negara hukum. Hukum harus dipatuhi dan ditegakkan untuk melindungi kepentingan masyarakat, melindungi kepentingan bangsa dan negara. Sudah merupakan kewajiban aparat penegak hukum untuk menegakkan hukum secara tegas dan adil. Aparat hukum dilindungi oleh hukum dalam menjalankan tugasnya,” ungkap Presiden Jokowi.

Usai bersepeda di Istana Kepresidenan Bogor, Minggu (13/12/2020) Jokowi menambahkan masyarakat tidak diperbolehkan untuk bertindak semena – mena dan melakukan perbuatan melanggar hukum yang merugikan masyarakat apalagi membahayakan bangsa dan negara.

Jokowi bahkan meminta aparat hukum tidak boleh gentar dan mundur sedikitpun dalam melakukan penegakan hukum tetapi aparat harus ikuti aturan hukum, melindungi hak asasi manusia, dan menggunakan kewenangannya secara wajar dan terukur.

Sejumlah prosedur hukum telah diatur mekanisnenya hingga proses peradilan dan keputusannya harus dihargai, “jika terdapat perbedaan pendapat tentang proses penegakan hukum, saya minta agar gunakan mekanisme hukum,” pinta Presiden.

Bila diperlukan lembaga independen Indonesia juga memiliki Komisi Nasional Hak Asasi Manusia untuk masyarakat menyampaikan pengaduan, “kita harus menjaga tegaknya keadilan dan kepastian hukum di negara kita, menjaga fondasi bagi kemajuan Indonesia,” tutup Presiden. (Red)

Check Also

PPKM DIPERPANJANG BERIKUT ATURAN YANG BERLAKU

WAGATABERITA.COM – JAKARTA. Rapat Terbatas (Ratas) yang dipimpin oleh Presiden