Rabu, 19 September 2018, 3:09
Home / NEWS / PAKDE KARWO : PERDAGANGAN ANTAR DAERAH TIAP TAHUN NAIK
Gubernur Jatim Soekarwo Dan Ketua Dewan Pakar APPSI Prof. Ryas Rasyid Foto Bersama Peserta Usai Penutupan Workshop APPSI Di Shangri - La Hotel Surabaya, Jatim Rabu (22/11). Sumber Foto : Haludin Ma'waledha

PAKDE KARWO : PERDAGANGAN ANTAR DAERAH TIAP TAHUN NAIK

WAGATABERITA.COM – SURABAYA. Kinerja perdagangan antara daerah di Jawa Timur (Jatim) meningkat 19 – 21 persen.

Gubernur Jatim H. Soekarwo mengatakan itu disela – sela acara workshop Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI) Rabu (22/11/2017) di Surabaya.

“Tiap tahun mengalami peningkatan, khususnya ekspor antar daerah. Naik cukup tajam 19 – 21 persen,” kata Pakde Karwo, sapaan akrab Gubernur Jatim itu. Meski demikian, kata dia, grafik kenaikannya tidak linear, tetapi kuantum.

Data BPS Jatim, tahun 2016 kinerja perdagangan Jatim surplus Rp 100,56 triliun.

Untuk kinerja ekspor antar daerah dan luar negeri pada tahun 2016 mencapai Rp 808,69 triliun dan impor luar negeri dan antar daerah mencapai Rp. 733,42 triliun.

Nilai tersebut, juga ditunjang dengan posisi Jatim yang diuntungkan dari segi geografi ekonomi, sehingga logistik dan connectivity menjadi lebih murah.

Melalui Workshop APPSI itu, Pakde Karwo berharap, perdagangan antar daerah bisa lebih dioptimalisasi dan diperluas.“ Ini pertemuan yang paling produktif. Kepala daerah bisa lebih mengerti dan care, sehingga perdagangan bisa lebih optimal,” tandasnya.

Sementara itu, Sekretaris Jenderal Kementerian Perdagangan Karyanto Suprih mengatakan, perdagangan antar daerah dari 34 provinsi ini sangat berpengaruh pada PDB Indonesia. Guna meningkatkan perdagangan, Presiden RI telah memberikan tiga mandat kepada Kementerian Perdagangan, antara lain menjaga ketersediaan dan stabilisasi harga bahan pokok dan barang penting, mengutamakan penyerapan produksi dalam negeri, meningkatkan ekspor dan menjaga neraca perdagangan, serta membangun dan merevitalisasi pasar rakyat.

Workshop APPSI ini seyogyanya berlangsung 21 – 23 November 2017, namun telah ditutup pada Rabu (22/11) sore oleh Ketua Dewan Pakar APPSI Prof. Ryas Rasyid. (Haludin Ma’waledha)

Check Also

AKHIRNYA RCI SIDOARJO PILIH PIMPINAN BARU

WAGATABERITA.COM – SIDOARJO. Ketua Rent Car Indonesia (RCI) Kabupaten Sidoarjo dipilih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *