Jumat, 19 April 2024, 7:28
Home / EDUKASI / PEMKOT AJAK PELAJAR KEMBANGKAN INDUSTRI KREATIF DENGAN MEDIA SOSIAL

PEMKOT AJAK PELAJAR KEMBANGKAN INDUSTRI KREATIF DENGAN MEDIA SOSIAL

WAGATABERITA.COM – SURABAYA. Industri kreatif saat ini banyak diminati, Peluang tersebut dimanfaatkan Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya dengan mengenalkan sejak dini manfaat industri kreatif kepada seluruh pelajar SMP se – surabaya. Kali ini, spesifikasi yang dibahas tentang media sosial Instagram.

Hadir dalam acara tersebut, Walikota Surabaya Tri Rismaharini, Kepala Dinas Pendidikan M.Ikhsan, Koordinator Supervisi Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Muhamad Najib Wahito dan aktor sekaligus pelaku industri kreatif Dennis Adishwara yang dipercaya sebagai pengisi acara.

Di hadapan puluhan pelajar SMP, Walikota Surabaya Tri Rismaharini menyampaikan kepada pelajar SMP bahwa ada banyak pelajaran di luar sana yang sangat luas untuk dipelajari. Artinya, Walikota Risma ingin menegaskan kepada anak – anak bahwa belajar tidak melulu matematika dan lain – lain, tetapi ada banyak hal salah satunya industri kreatif.

“Dengan adanya pembekalan semacam ini, ke depan mereka bisa menentukan mau ke mana sekaligus mengembangkan potensi yang dimiliki,” katanya di di graha Sawunggaling lantai 6, Selasa (27/02/2018).

Selain itu, Walikota Risma juga menekankan kepada anak – anak bahwa gadget yang dimiliki setiap pelajar harus dipergunakan sebaik mungkin. Pasalnya, lanjut Risma, sebagian besar anak – anak belum mengetahui bagaimana cara menyebarkan konten – konten positif melalui media sosial yang mereka miliki. “Manfaatkan teknologi atau media sosial dengan kebaikan, bukan sebaliknya,” pesannya.

Ke depan, Walikota sarat akan prestasi ini menegaskan, pengenalan industri kreatif akan terus berlanjut karena dinilai penting bagi masa depan anak – anak. “Next, kalau tertarik dia bisa mengikuti terus programnya,” imbuhnya.

Dennis Adishwara yang dipercaya sebagai narasumber mengemas kegiatan ini sesuai dengan karakter anak muda. Diramu dengan jenaka, Dennis menjelaskan kepada pelajar SMP bagaimana cara mendapat followers dan memaksimalkan media sosial instagram dengan cara yang bermanfaat, kreatif dan lucu. “Ada banyak caranya, salah satunya membalas komentar, interaktif di sosial media dan mengisi konten serta aktivitas yang menginsiprasi banyak orang,” jelas Dennis.

Untuk membuktikan hal tersebut, Dennis meminta kepada seluruh pelajar yang hadir untuk melakukan selfie dengan memberi senyuman terbaik. Setelah itu, diupload dengan caption yang menarik. “Pagi ini lupa sikat gigi, tolong lihatkan apa ada yang masih nyangkut,” ucapnya diiriingi gelak tawa pelajar.

Sekitar 1 jam membagikan ilmunya kepada pelajar SMP, pemeran film Ada Apa Dengan Cinta itu mempersilahkan anak – anak untuk bertanya. Pada kesempatan ini, beberapa anak mengajukan beberapa pertanyaan seputar Instagram. Uniknya, setiap anak yang berani bertanya diberi tiket gratis dalam acara Kreator Kekinian bersama Raditya Dika dan Dennis Adishwara bertempat di The Square Ballroom ICBC Center malam nanti. “Nanti yang berani tanya langsung saya kasih tiketnya,” ungkap pria kelahiran Malang itu.

Sementara itu, Koordinator Supervisi Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Muhamad Najib Wahito menuturkan dari kaca mata KPK. Menurutnya, kegiatan semacam ini bagus untuk pelajar. Sebab, Walikota Risma kerap menyelipkan nilai – nilai kejujuran dalam sambutannya kepada pelajar SMP. “Hal ini bagus, karena sosialisasi pencegahan korupsi sudah dilakukan sejak kecil dan tentu ini menjadi perhatian kami karena akan membangun karakter anak di masa depan,” ujar Najib.

Ditanya maksud dan tujuan datang ke Surabaya, Najib menuturkan bahwa dirinya melalui Supervisi pencegahan KPK sedang melakukan pendampingan terhadap provinsi/kabupaten dan kota di Jawa Timur, termasuk Surabaya. “Saat ini kami sedang menyusun rencana aksi dan sedang dalam proses,” tandasnya.

Check Also

BEGINI KEGIATAN WISUDA UNSURI TAHUN 2023

WAGATABERITA.COM – SURABAYA. Universitas Sunan Giri Surabaya Jl. Brigjend Katamso Sidoarjo berhasil