Senin, 18 Juni 2018, 4:50
Home / EDUKASI / BUPATI LEPAS KKN UHO, REKTOR BERKOMITMEN AKAN TERUS BERKONTRIBUSI UNTUK DAERAH
Bupati Mubar, LM Rajiun Tumada,M.Si, Wakil Bupati Mubar, Achmad Lamani M.Pd Bersama Rektor UHO Dr Muh. Zamrun Saat Mengantarkan Mahasiswa KKN UHO Regional Semester Ganjil Tahun 2018 ke Kapal KM Ukiraya 23 di Pelabuhan Nusantara Raha.

BUPATI LEPAS KKN UHO, REKTOR BERKOMITMEN AKAN TERUS BERKONTRIBUSI UNTUK DAERAH

WAGATABERITA.COM – MUNA SULTRA. Selama sebulan lamanya sebanyak 641 orang Mahasiswa Universitas Halu Oleo (UHO), melaksanakan tahap sebuah syarat untuk mendapatkan predikat sebagai sarjana muda, yakni Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Kabupaten Muna Barat yang disebar di berbagai Desa baik daratan maupun pesisir, sejak tanggal 3 Februari 2018 yang lalu.

Akhirnya, hari ini Senin (05/03/2018), di Pelabuhan Nusantara Raha Kabupaten Muna, para Mahasiswa KKN reguler semester ganjil Tahun 2017 – 2018 itu dilepas  kembali untuk melaksanakan perkuliahan mereka selanjutnya oleh Bupati Muna Barat, LM Rajiun Tumada M.Si, di pelabuhan Nusantara Raha.

Pelepasan itu di hadiri langsung Oleh Rektor UHO, Dr Muh. Zamrun bersama petinggi petingginya. Tidak ketinggalan mantan Rektor UHO, Prof Usman Rianse dan para pejabat pejabat tinggi OPD Mubar juga mengantar langsung di Pelabuhan Nusantara Raha, baik Kepala OPD para Kabid, Camat serta Kades se Mubar.

Rektor pengganti Prof Usman Rianse itu dalam kesempatannya menyampaikan sambutannnya pada pelepasan Mahasiswa KKN UHO itu bahwa hari ini Mubar di bawa kepemimpinan Rajiun Tumada telah memperlihatkan kemajuannya yang begitu cepat pada proses pembangunannya.

“Meskipun baru mekar dari Muna, sebagai kabupaten induknya selama tiga tahun lebih, kini Mubar telah memperlihatkan kemajuan yang sangat luar biasa. Saya yakin dan percaya bahwa Kabupaten Mubar kedepannya akan menjadi salah satu daerah yang bisa maju bersama untuk membangun Sultra,” tutur Rektor UHO itu, usai menjemput ratusan mahasiswa UHO yang mengikuti KKN di Mubar.

Ditambahkan, bahwa dengan kondisi Mubar saat ini, dirinya akan mengerahkan segala potensi dan kemampuan yang dimilikinya untuk membantu menyukseskan seluruh proses pembangunan di Mubar.

“Ini merupakan bagian dari salah satu tanggung jawab kami sebagai institusi pendidikan, jadi mitra bagi pemerintah di daerah. Namun semua ini bukan hanya yang bukan warga Mubar, tetapi semua warga bangsa ini. Jadi marilah kita sama – sama satukan tekad, satukan niat untuk memajukan Sulawesi Tenggara menjadi lebih baik,” pungkasnya.

Dalam kesempatan yang sama LM Rajiun Tumada pada pelepasan itu mengatakan bahwa Jumlah mahasiswa yang datang melaksanakan KKN adalah sebanyak 641 orang. Dalam pelaksanaannya komunikasi pendekatan sosial mahasiswa dan masyarakat sangat luar biasa. “Kedatangan adik – adik mahasiswa dengan membawa kemampuan ilmu yang disiplin untuk mengarahkan kepada masyarakat yang ada di kabupaten muna barat. Dan atas nama Pemerintah Mubar, kami mengucapkan banyak terima kasih kepada rektor UHO yang telah mengirimkan kami mahasiswanya,” ucapnya.

Dengan pelaksanaan KKN tahun ini pula, mantan Kasat Pol PP Sultra itu, sangat berharap di tahun 2019 akan lebih meningkat lagi menjadi dua kali lipat yang diutus Mahasiswa KKN nya. Muna Barat tetap akan menerima dan ini menjadi sebuah kebanggaan tersendiri.

“Ini sangat menguntungkan buat kami. Karena hasil – hasil kreaktifitas dan inovasi dari mahasiswa yang didesa kemudian disampaikan kepada pemerintah sebagai bahan pertimbangan kami untuk kemudian secara positif menguntungkan daerah maka akan dimasukkan di musrembang. Kalau tidak maka kita jadikan acuan,” katanya.

Bupati Mubar LM Rajiun Tumada Saat Berada Di Kapal KM Ukiraya 23 Bersama Rektor UHO.

Dia pun menilai bahwa hal itu adalah momentum bagi daerahnya dengan adanya KKN UHO di wilayah yang di pimpinnya itu.” ini bisa memberikan invoasi bagi masyarakat Mubar, sehingga menguntungkan pula buat percepatan pembangunan yang bisa menjadi bahan evaluasi buat kita semua pemerintah,” tuturnya.

Ditempat terpisah Rektor UHO yang ditemui wagataberita.com saat ditanyai kontribusi apa yang bisa diberikan terhadap Daerah Mubar, dirinya menjelaskan bahwa banyak hal yang dapat kita berikan kontribusi kepada Mubar yakni dengan melalui penelitian.

“Ada aspek – aspek Sumber daya alamnya (SDA) yang sangat berpotensi yakni bidang Pertanian, perkebunan, peternakan dan perikanan. Karena kita kan tidak bisa menjangkau semuanya, namun kami akan lebih fokus pada aspek SDA perikanan di wilayah pesisir. Dan kontribusinya nanti melalui penelitian,” terangnya.

Pengganti Prof Usman Rianse itu berkomitmen bahwa pihaknya akan terus berkontribusi kepada Muna dan Mubar karena kedua daerah ini tidak bisa terpisahkan. Sehingga dengan melalui KKN, apakah tahun ini atau tahun depan kita akan terus berkontribusi di mana hal itu adalah menjadi tanggung jawab kami sebagai institusi pendidikan yang merupakan mitra pemerintah daerah.

Tak luput pula Orang nomor satu di UHO itu, mengucapkan terimakasih kepada pihak TNI dan Polri yang telah membantu proses pengamanan selama Mahasiswanya melaksanakan KKN di Muna dan Muna Barat. (Zainal Arifin Suyoto)

Check Also

BULAN RAMADHAN, SEJUMLAH TUNA NETRA DI TRENGGALEK MENGAJI AL QURAN BRAILLE

WAGATABERITA.COM – TRENGGALEK. Memiliki kebutuhan khusus tak menghalangi para penyandang disabilitas di SMA Luar Biasa Kemala …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *